Prasetya Online

>

Berita UB

Pelatihan Public Speaking di FTP

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaftp pada 16 Februari 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 753

Workshop public speaking di FTP
Workshop public speaking di FTP
Unit Layanan Bahasa Inggris (ULBI) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB) menyelenggarakan workshop Public Speaking pada Selasa (14/02/2017) di Aula FTP mulai oukul 08.00.

Workshop yang diikuti 50 dosen FTP ini menyampaikan tentang pentingnya komunikasi terutama berbicara di depan khalayak (public speaking). Selain itu, workshop juga menyampaikan teknik presentasi, karena kebanyakan pembicara mengalami kesusahan untuk mengawali presentasi dengan baik. Tidak hanya mengajari bagaimana sebaiknya melakukan public speaking, workshop yang dilatih oleh motivator dan trainer profesional Tino Salim, SS dan pakar dari Cendekia Bina Aksara Malang Hans Lucas dan Arius Jaya Putra Nusantara, ST, S.Pd ini juga menjelaskan komunikasi non verbal yang harus dihindari saat presentasi. Hal ini umumnya dilakukan oleh banyak pembicara.

Untuk menjadi pembicara handal, sebaiknya hindari gerakan mata yang terlalu lincah (eye dart), gerakan yang mengganggu, tidak bersemangat, data yang tidak perlu, tidak adanya jeda serta tidak menyesuaikan pesan kepada audiens. Hal penting lainnya untuk menjadi pembicara yang bagus adalah dengan mengetahui audiens. Siapa mereka? Membedakan khalayak umum dari audiens yang ditargetkan sangatlah berguna. Audiens umum adalah mereka yang akan mendengar pidato atau membaca surat kabar. Sementara audiens khusus adalah bagian dari audiens umum yang secara khusus ingin dijangkau oleh si pembicara, atau dijangkau dengan cara yang berbeda dari yang lainnya.

Pada audiens dengan bermacam tingkat pengetahuan pada sebuah permasalahan, sebagai contoh, si pembicara mungkin ingin menyampaikan pesan utamanya kepada masyarakat awam.

Seorang pembicara yang bagus juga perlu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka dengan baik. Temukan partner, bicaralah pada diri Anda sendiri, nikmatilah hal ini, dengar dan lihat orang bicara, selami sehingga Anda merasa yakin. Pada tahap akhir, peserta mempraktekkan apa yang telah mereka pelajari karena ini sangat penting untuk meningkatkan hal-hal yang baik yang telah dimilikinya selama ini. [dse/Humas Ub/trans. Denok]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID