Prasetya Online

>

Berita UB

Pelatihan Pembuatan Brosur Bagi Penduduk Desa Ngabab

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyafib pada 22 September 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 310

Pelatihan Pembuatan Brosur Desa Ngabab
Pelatihan Pembuatan Brosur Desa Ngabab
Desa Ngabab yang terletak di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang terbagi atas tiga dusun, yakni dusun Krajan, dusun Lemburejo, dan dusun Torongrejo. Desa Ngabab merupakan salah satu desa mitra Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan civitas akademika Fakultas Ilmu Budaya. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan berdasarkan hasil pemetaan potensi alam dan masyarakat yang bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan perekonomian penduduk Desa Ngabab.

Seiring dengan munculnya pelaku usaha di Desa Ngabab, masalah pemasaran menjadi satu kendala yang perlu dipecahkan. Dalam diskusi dengan Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Ilmu Budaya, Pemerintah Desa Ngabab mengungkapkan bahwa sirkulasi pemasaran produk masih di sekitar wilayah Desa Ngabab. Dengan sangat  terbatasnya wilayah pemasaran, maka produksi Usaha Kecil Masyarakat (UKM) menjadi kurang berkembang. Oleh karenanya, diperlukan strategi pemasaran yang tepat dan efektif  sehingga dikenal oleh pihak luar Desa Ngabab.

Brosur merupakan selembar kertas sederhana yang akan membuat orang mudah mengingat produk kita dan memberitahu calon konsumer mengapa mereka memilih produk terkait. Agar promosi melalui brosur benar-benar dapat berjalan efektif, desain brosur tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Selain isi dan desain yang harus berkualitas, penyebaran brosur juga harus tepat sasaran sesuai dengan target pasar.

Pelatihan pembuatan brosur ini akan menfasilitasi Desa Ngabab dalam mempromosikan produk Usaha Kecil Masyarakat kepada khalayak yang lebih luas, pelatihan ini juga mewujudkan kepedulian Universitas Brawijaya pada umumnya dan Fakultas Ilmu Budaya pada khususnya untuk ikut memajukan perkembangan ekonomi lokal melalui Usaha Kecil Masyarakat.

Kelebihan menggunakan brosur dalam memasarkan produk adalah dapat menjangkau (calon) konsumen dalam jumlah banyak dalam waktu yang singkat dan biaya yang relative murah, bisa dikirimkan pada kelompok konsumen tertentu sesuai dengan profil pasar sasaran, respon konsumen dapat diketahui dengan cepat, dan menjadi "wakil" penjual dalam melakukan promosi tanpa harus melibatkan penjual secara langsung. Selain itu, calon konsumen dapat menyimpan brosur yang menarik di rumah.[MSH/DT/PSIK FIB/Humas UB] 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID