Prasetya Online

>

Berita UB

Pelatihan Peliputan Pilkada

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 04 Juni 2005 | Komentar : 0 | Dilihat : 1910

Bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Malang Corruption Watch (MCW), Pusat Pengembangan Otonomi Daerah (PP-Otoda) Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH Unibraw) mengadakan Pelatihan Peliputan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Langsung, Sabtu (4/6), di Gedung Yustitia FH Unibraw.
Berangkat dengan tujuan membekali wartawan tentang cara peliputan Pilkada, serta mendorong Pilkada yang bersih, jujur, adil dan partisipatif, pelatihan selama sehari itu diikuti oleh puluhan wartawan serta mahasiswa.
Hal ini didasari oleh pemikiran bahwa pers berperan penting mewujudkan pemilihan kepala daerah yang bersih, jujur, adil dan partisipatif. Dengan fungsinya sebagai penyampai informasi dan pengontrol, pers harus mengambil peran secara aktif dalam seluruh proses pemilihan kepala daerah. Untuk bisa berperan sebagai penyampai informasi dan pengontrol yang baik, insan pers harus mempunyai bekal pengetahuan tentang pemilihan kepala daerah langsung, seperti undang-undang, mekanisme pencalonan, mekanisme pemilihan, mekanisme penghitungan dan lain sebagainya.
Materi yang diberikan meliputi "Mekanisme Pilkada" oleh Ketua KPU Kabupaten Malang Andre Dewanto, "Paradigma UU Pilkada dan Pelanggaran dalam Pilkada" oleh Ibnu Tricahyo (Ketua PP-Otoda FH UNibraw), "Mencermati Peluang Korupsi di Pilkada" oleh Luthfi J Kurniawan (Ketua MCW), dan "Strategi Peliputan Pilkada" oleh Ketua AJI Indonesia Edy Suprapto. [nik]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID