Prasetya Online

>

Berita UB

PSLD Gelar LKTI Alat Bantu Penyandang Disabilitas

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh denok pada 01 September 2015 | Komentar : 0 | Dilihat : 2900

LKTI alat disabilitas pertama kali digelar PSLD
LKTI alat disabilitas pertama kali digelar PSLD
Universitas Brawijaya (UB) menjadi pemenang dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) mengenai alat bantu penyandang disabilitas. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD) UB pada Senin (24/8/2015). Dalam kompetisi ini, UB diwakili oleh Enno Roscita dan Yohana Kristinawati dari Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) angkatan 2014. Keduanya mengangkat judul "Penerjemah Visualisasi Gerakan Tangan 3 Dimensi Menjadi Suara (USPEAK) Untuk Berkomunikasi Dengan Tuna Rungu-Wicara". Dalam karyanya, mereka membahas alat pengubah gerakan menjadi suara untuk mempermudah komunikasi antara penyandang tuna rungu-wicara dengan yang non tuna rungu-wicara.

Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang menduduki posisi kedua. Wakil UIN, Rana Firdausi Nuzulia mengangkat penelitian berjudul "Implementasi Metode MFCC dan DTW Untuk Menganalisa Karakter Suara Penyandang Bibir Sumbing Terhadap Suara Normal Sebagai Terapi Mandiri".

Sementara itu, peserta asal Politeknik Negeri Malang (Polinema), Mayang Angling Sari dan Chandra Sina Putra berturut-turut menduduki posisi ketiga dan pemenang harapan. Berturut-turut, karya mereka adalah "Rancang Bangun Game Pembelajaran Bahasa Isyarat Untuk Difabel Wicara Dengan Menggunakan Sensor Gerak pada KINECT" dan "Rancang Bangun Perangkat Untuk Memantau Penyandang Disabilitas "HOME KEEPER" Dengan Menggunakan Teknologi Raspberry PI".

Dua juri dalam LKTI ini adalah Sugiono, ST, MT, PhD dan Dewi Hardiningtyas, ST, MT.

LKTI yang baru pertama kali digelar PSLD ini bertujuan untuk membangun jiwa kepedulian mahasiswa terhadap penyandang disabilitas serta menerapkan ilmu yang mereka dapat dari perkuliahan untuk membantu penyandang disabilitas. [and/Humas UB]

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID