Prasetya Online

>

Berita UB

PPL, Implementasi MoU antara UB dan HU

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyafib pada 26 Maret 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 896

Kobayashi Mone saat Praktik Mengajar di Kelas
Kobayashi Mone saat Praktik Mengajar di Kelas

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) menerima mahasiswa Kaigai Kyouiku Jisshu (Praktek Pengajaran Lapangan di Luar Negeri) dari Hiroshima University (HU) yaitu Kobayashi Mone. Kobayashi Mone merupakan mahasiswa Program Pengajaran Bahasa Jepang sebagai Bahasa Kedua di HU.

"Saya harap melalui program PPL ini, saya mendapat keterampilan mengajar Bahasa Jepang dan memahami bagaimana mahasiswa asing belajar Bahasa Jepang di luar negeri,"katanya.

Kegiatan PPL tersebut dilaksanakan selama tiga minggu, pada bulan Februari-Maret 2019 di Program Studi Sastra Jepang FIB UB. Pada minggu pertama, mahasiswa PPL melakukan sit in di kelas yang diajar oleh native speaker dari Jepang yaitu di kelas Ogawa Yuki.

Pada minggu kedua dan ketiga, mahasiswa PPL tersebut langsung melakukan praktik mengajar. Kelas yang diajarkan antara lain kelas Tata Bahasa VI (Bunpo VI), Tata Bahasa II (Bunpo II), Menulis III (Sakubun III), Percakapan IV (Kaiwa IV), Membaca (Dokkai), dan Kanji IV.

Kobayashi memilih Indonesia sebagai tempat melaksanakan PPL nya karena dia belum pernah ke Indonesia sebelumnya. "Saya ingin mempelajari bagaimana kehidupan orang Indonesia", ungkapnya. Kobayashi juga mengungkapkan kesan pertama saat datang di Indonesia.

"Di Indonesia banyak mobil dan motor. Orang-orang berjalan di jalan raya dekat dengan kendaraan. Ini sangat berbahaya dan berbeda dari di Jepang,"katanya.

Selain itu, UB dan HU memiliki hubungan kerjasama yang baik, dan kegiatan PPL ini merupakan implementasi kerjasama U to U antara UB dan HU tersebut. Besar harapan Program Studi Sastra Jepang FIB UB agar jangka waktu kegiatan PPL ini dapat diperpanjang dan lebih banyak mahasiswa asing yang melaksanakan kegiatan PPL di FIB UB. (DT/AG/PSIK FIB/Humas UB)

 

 

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID