Prasetya Online

>

Berita UB

PP Otoda Dukung KPUD

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 18 Maret 2005 | Komentar : 0 | Dilihat : 2310

PP Otoda FH Unibraw mendukung langkah KPUD Kabupaten Malang meminta parpol yang sudah menutup pendaftaran untuk melakukan pendaftaran ulang bacabup. PP Otoda menilai, perintah PP No/6 2005 tentang pemilihan kepala daerah mengatakan demikian. Karena itu jika tidak dilakukan bisa mengandung implikasi hukum.
"Sekarang tidak ada alasan parpol menutup pendaftaran. Sebab, itu bertentangan dengan peraturan pemerintah," ujar Ketua PP Otoda FH Unibraw Ibnu Tricahyo, kemarin.
Seperti diberitakan sebelumnya, KPUD berdasarkan PP No 6/2005 tentang pemilihan kepala daerah, khususnya pasal 4, masyarakat diberi kesempatan seluas-luasnya mendaftarkan diri sebagai bakal calon kepala daerah. Pendaftaran itu dimulai parpol setelah DPRD mengirim surat pemberitahuan masa akhir jabatan kepala sampai dengan pendaftaran pasangan calon KPUD.
Mengacu pada PP ini, lanjut Ibnu, parpol yang sekarang sudah menutup pendaftaran calon harus membuka pendaftaran ulang. Hanya saja, proses pendaftaran ulang ini diserahkan ke parpol bersangkutan.
Ibnu lantas mengingatkan bahwa jika parpol tidak segera membuka pendaftaran ulang, parpol bisa digugat masyarakat. Masyarakat dimaksud bisa dilakukan oleh perseorangan, atau LSM. "Ini adalah celah hukum yang rawan konflik. Untuk mengantisipasi tidak terjadinya konflik, lebih baik ada pendaftaran ulang," kata Ibnu.
Sementara, Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Malang Rendra Kresna, langsung merespons imbauan KPUD. Meski partai berlambang pohon beringin itu sudah menetapkan bacabup hasil musda Golkar, namun opartainya tetap akan membuka kembali pendaftaran bacabup pada April nanti. Pendaftaran itu masih belum ditentukan tanggal penutupannya karena masih menunggu tahapan pilbup dilaksanakan.
Kapan tahapan dilaksanakan? Rendra menyebutkan tahapan pilbup dilaksanakan setelah DPRD mengirimkan surat pemberitahuan masa akhir jabatan bupati serta setelah KPUD membuka pendafataran cabup dari parpol. "Kami sudah siap melaksanakan perintah PP. Bagi kami tidak ada masalah, karena PP harus dilaksanakan," ucap Wakil Ketua II DPRD ini. (don) http://www.jawapos.co.id/index.php?act=detail_radar&id=85545&c=88

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID