Prasetya Online

>

Berita UB

PKM-PSH: Pengembangan Media Pembelajaran Pembangkit Rasa Nasionalisme

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyafib pada 22 Juni 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 560

7173_20180622135520
7173_20180622135520

Dalam rangka "Workshop In 1 Persiapan Pembelajaran Tahun Pelajaran 2018/2019 SMAN 06 Malang", tiga Mahasiswa FIB UB, Supadi Noval Eka Prasetyo (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Hidayatul Mahmudah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), dan Risma Ulaningrum (Pendidikan Bahasa Inggris) berbagi inovasi kreatif mereka dalam merancang media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan minat belajar siswa serta KBM di SMAN 06 Malang pada tahun pelajaran berikutnyaa. Inovasi media pembelajaran ini merupakan penerapan Prgram Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH).

PKM-PSH mereka berjudul "INOVASI SANG JUARA: Pengembangan Media "Fitrah Indonesia" Berbasis Metode "Mata Sang Juara" untuk Membangkitkan Rasa Nasionalisme melalui Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi pada Siswa SMA ".

Konten media pembelajaran yang dikembangkan oleh ketiga mahasiswa tersebut memuat materi-materi pembelajaran, video terkait permasalahan nasionalisme remaja masa kini, sekaligus video tentang remaja yang memiliki kecintaan terhadap tanah airnya, dan penugasan. Inovasi ini didasari oleh mulai lunturnya rasa nasionalisme remaja di era sekarang.

Inovasi media pembelajaran ini selain ditujukan sebagai media penyampaian materi pembelajaran juga diharapkan dapat membangkit rasa nasionalisme siswa. Selain itu, media pembelajaran ini dapat digunakan guru pada materi-materi pembelajaran yang lain dengan menyesuaikan kontennya.

Ketiga mahasiswa tersebut juga memberikan buku pedoman pengaplikasian media, file media, serta pedoman pembuatan media dalam acara workshop tersebut. Acara ini diselenggarakan pada 5 Juni 2018, jam 12.00, tepatnya di Aula SMAN 06 Malang yang dihadiri oleh seluruh tenaga pendidik SMAN 06 Malang dan Badan Pengawas. Acara ini bertujuan untuk memperbaiki sekaligus mempersiapkan pembelajaran di SMAN 06 Malang pada tahun pelajaran 2018/2019 mendatang. (PKM-PSH/DT/MSH/PSIK FIB/Humas UB) 

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID