Prasetya Online

>

Berita UB

PIMNAS 27: Berkreasi dan Berinovasi Dalam Kebhinekaan

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh humas3 pada 26 Agustus 2014 | Komentar : 0 | Dilihat : 4725

Juara Umum Pimnas tahun lalu menyerahkan Piala Adhikarta Kertawidya
Juara Umum Pimnas tahun lalu menyerahkan Piala Adhikarta Kertawidya
Pemukulan gong dan penyerahan Piala Adhikarta Kertawidya dari ITS
kepada Wakil Mentri Kemdikbud menandai dimulainya perhelatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 27 di Universitas Diponogoro (Undip), Selasa (26/8). Upacara  pembukaan yang digelar di Lapangan Widya Puraya ini dihadiri Gubernur Jawa Tengah, Rektor Undip dan Pimpinan Universitas se Indonesia.

Prof. Dr. Ir. H. Musliar Kasim, M.S. selaku Wamen Kemdikbud menyampaikan agar hasil para juara PIMNAS untuk diikutkan pada kompetisi internasional agar lebih memberikan rasa percaya diri dan motivasi pada mahasiswa.

“Jadikan PIMNAS ini sebagai ajang berkompetisi dalam hal kreatifitas, ajang saling belajar dan memperluas networking,” ungkapnya.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo SH., mengapresiasi kegiatan PIMNAS ini sebagai sebuah pergerakan mahasiswa dalam hal tradisi ilmiah.

“Tunjukkan bahwa kalian adalah mahasiswa yang mempunyai gagasan yang global  dan berdampak positif dalam menghadapi tantangan ke depan,” ujarnya.

Prof. Sudharto P. Hadi, MES, Ph.D., selaku Rektor Undip menyampaikan kegiatan PIMNAS ini ada dua hal strategis yaitu sebagai ajang kompetisi dalam bidang kewirausahaan, penelitian,  teknologi, karsa cipta dan gagasan tertulis  sebagai barometer budaya akademik di lingkungan universitas serta sebagai wahana merajut kebersamaan dalam bingkai persatuan.

“Oleh karena itu tema PIMNAS tahun  ini adalah berkreasi dan berinovasi dalam kebhinekaan, diharapkan bisa memberikan warna pada segenap mahasiswa yang berbeda-beda bersatu dalam mewujudkan cipta, rasa dan karya untuk bangsa,” tuturnya.

Pembantu Rektor III  Undip Drs. Warsito, SU melaporkan pada PIMNAS 27 ini diikuti oleh 440 tim dari seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta yang telah dipilih dari total usulan proposal sebanyak 44754.

“Jumlah ini meningkat.dibandingkan tahun sebelumnya hal ini menandakan indikator kreatifitas akademik terus meningkat. PIMNAS 27 ini turut menghadirkan empat pakar dan 68 peneliti maupun praktisi untuk dijadikan juri,” pungkasnya.

 Serba Online

Sistem dalam presentasi Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) lima bidang setiap tahunnya terus diperbaiki, hal ini terlihat dari presensi peserta yang dilakukan secara online dengan menempelkan barcode yang ada pada name tag yang telah diberikan panitia.

Presentasi PKM terbagi dalam beberapa kelas dimana setiap kelas terdiri dari 20 tim. PKM Gagasan Tertulis ada satu, PKM Kewirausahaan terbagi dalam empat kelas, PKM Karsa Ciptanlima kelas, PKM Pengabdian Kepada Masyarakat empat kelas, PKM Penelitian enam kelas dan PKM teknologi dua kelas. [rian & ronny]

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID