Prasetya Online

>

Berita UB

Open House and Show Case 2018: Pengunjung Perpustakaan UB Membludak

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh ihwan.hariyanto pada 04 October 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 524

1122_20181010094005
1122_20181010094005

Perpustakaan UB kembali menggelar acara Open House dan Show Case 2018 pada tanggal 25-27 September 2018. Acara yang sudah memasuki tahun keempat ini menggandeng beberapa partner antara lain UB Press, i Group, ProQuest, Biblioteca, Raz, Bank Mandiri,  Penerbit Erlangga dan Tiga Putra.

Adapun rangkaian acara OPSC 2018 sebagai berikut: 1. Launching Repository Perpustakaan Universitas Brawijaya; 2. Seminar Nasional I dengan tema: "Trend Pengembangan Aplikasi Digital Learning & Digital Library" dengan pembicara antara lain: Harry Budi Santoso, M.Kom., Ph.D (Dosen UI), Dr. Eng. Herman Tolle, ST., MT (Dosen Filkom UB), Drs. Johan A.E. Noor, M.Sc., Ph.D ( Kepala Perpustakaan UB) dan Pitoyo Widhi Atmoko, M.Si ( Koordinator Bidang TI); 3. Seminar Nasional II dengan tema: Strategi Pengembangan Sistem Perpustakaan Digital Terintegrasi Nasional & Pengembangan Aplikasi Mobile Sistem Otomasi Perpustakaan", adapun pembicara sebagai berikut: Ismail Fahmi, Ph.D (Perpusnas), Tri Astoto Kurniawan, ST.,MT.,Ph.D (Dosen Filkom UB) dan Dio Khudori, S.Kom (Bidang TI Perpustakaan UB); 4. Exhibition (pameran) yang diikuti oleh: UB Press, Penerbit Erlangga, Penerbit Andi Offset, i Group, ProQuest, Biblioteca, Raz dan Tiga Putra; 5. Fun Games dengan total hadiah hingga jutaan rupiah antara lain: lomba Tebak Berat Buku, Selfie Competition, Mencari Buku Label Merah dan Permainan Konsentrasi; 6. Makan Gratis dengan berbagai menu yang lezat dan disukai para mahasiswa antara lain: ayam geprek, siomay, bakso, pempek, mie ayam, soto dan masih banyak lagi lainnya; 7. Kegiatan sosial donor darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia kota Malang.

Pembukaan Open House and Show Case 2018 berlangsung di Gazebo Depan Perpustakaan UB dengan mengundang Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS, beserta dengan para Pembantu Rektor dan Dekan di seluruh fakultas yang ada di UB. Acara yang dimulai pukul 09.00 ini juga diliput oleh media baik cetak maupun online skala lokal dan nasional antara lain: JTV, UB TV, KabarEdu, Gama TV dan lain-lain.

1076_20181010094017
1076_20181010094017

"Saya berharap program Repository ini dapat segera dikebut karena pasti akan disitasi dunia internasional apalagi dengan jenjang rangking perpustakaan milik UB ," tutur Prof Nuhfil sesaat setelah me-launching Repository UB.

Sementara itu Kepala Perpustakaan UB Drs. Johan A.E. Noor, M.Sc., Ph.D, mengungkapkan dengan repositori maka seluruh karya civitas akademika UB akan bisa di baca oleh orang lain.

"Kuncinya adalah bagaimana karya tersebut dibaca oleh orang lain atau dapat disitasi. Tentu saja untuk itu Perpustakaan UB akan bergabung dengan koalisi internasional atau koalisi open akses repisitori dan kita menunggu kabar," singkatnya.

Pelaksanaan Open House and Show Case 2018 selama tiga hari berlangsung lancar dan sukses. Para mahasiswa UB berbondong-bondong mengunjungi perpustakaan. Antrian makan gratis setiap harinya selalu panjang dan mengular di bagian tengah gedung Perpustakaan UB. Para mahasiswa tampak sabar meski harus mengantri selama hampir 1 jam, makanan gratis yang disediakan pun sudah habis hanya dalam waktu hitungan jam. Dari semua makanan gratis yang disediakan, menu ayam geprek menjadi favorit karena selama dua hari berturut-turut selalu ludes terlebih dahulu diserbu para pengujung Open House.

6200_20181010094025
6200_20181010094025

Di bagian Fun Games para peserta juga tidak kalah antusias mengikuti semua lomba yang diselenggarakan. Dari semua lomba yang paling banyak pesertanya adalah Lomba Tebak Berat Buku karena peserta cukup mengisi formulir dan menebak berat buku yang sudah dikemas oleh panitia. Sedangkan untuk Lomba Selfie jumlah pesertanya paling sedikit dikarenakan mahasiswa sepertinya kurang bersemangat untuk upload di social media. Padahal menurut pantauan penulis, selama acara berlangsung banyak mahasiswa yang berfoto di Selfie Corner yang disediakan.

3442_20181010094046
3442_20181010094046

Sementara itu di bagian Exhibition, stand yang paling banyak dikunjungi oleh peserta adalah Raz yang menjual My UB Merchant antara lain t-shirt, polo, tas, sweater hingga jaket. Design produk My UB Merchant elegan dan khas anak muda dan harga yang ditawarkan juga terjangkau oleh kantong mahasiswa. Sehingga tak heran banyak pengunjung yang berminat. Di stand pameran buku juga ikut diserbu oleh para mahasiswa yang ingin mendapatkan buku berkualitas dengan harga diskon.

Penutupan UB Library Open House and Show Case 2018 dilaksanakan pada hari ketiga di depan Bagian Layanan Sirkulasi. Pada penutupan ini diumumkan para pemenang dari setiap lomba yang diadakan. Berikut ini adalah daftar para pemenang Fun Games: Game Konsentrasi (1. Artha Sampuara/FEB; 2. Riska Windya/FMIPA; Hendra Nurdiansyah/CS). Game Tebak Berat Buku (1. M. Bagas Widyakto/FP; 2. Fatikhatul Choiroh/FP; 3. Dita Anjarsari/FP). Game Mencari Buku Label Merah (1. Selly Aqidatul Izza/FILKOM; 2. Leni Hardiani/FIA; 3. Yanssen Tanawa/FT). Game Selfie (1. Rina Agatha/FP; 2. Fauziya BDR; 3. Fachri Oktaveansyah/Fapet). Peminjam terbanyak (1. Arrial Thoriq Setyo Rifano/FH; 2. Indah Permata Sari/FEB, 3. Ahmad Syafreza/Fisip). Kunjungan Terbanyak (1. Billy Anugrah/FT; 2. Afriliyani/Pascasarjana; 3. Nurul Rodiyah/FIB).

Pada Open House tahun ini, Perpustakaan UB juga memberikan hadiah untuk pengunjung perpustakaan dengan jumlah kunjungan terbanyak dan jumlah pinjaman buku terbanyak. Pemberian hadiah ini dimaksudkan untuk menginpirasi pengunjung lainnya untuk lebih rajin datang ke perpustakaan dan memanfaatkan koleksi dan layanan yang disediakan. Selamat untuk Perpustakaan UB dan para staf atas kesuksesan Open House dan Show Case 2018, sampai jumpa lagi di OPSC tahun depan. [Ihwan/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID