Prasetya Online

>

Berita UB

Olimpiade Kimia di FMIPA Unibraw

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 17 September 2006 | Komentar : 0 | Dilihat : 5045

Kimia selama ini dianggap momok di tengah-tengah masyarakat. Melalui penyelenggaraan Olimpiade Kimia tingkat SMU se-Jawa Timur, Himpunan Mahasiswa Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Brawijaya mencoba untuk mengikis anggap itu. Olimpiade digelar dalam jangka waktu sepekan (10-17 September 2006), merupakan kegiatan rutin tahunan sejak 5 tahun silam. Tema olimpiade tahun ini: ďFind The Secret Life With The Real ChemistryĒ. Puncak acara berlangsung Minggu (17/9) dihadiri Dekan FMIPA, Ir. Adam Wiryawan MS, yang menyatakan dukungannya terhadap aktivitas mahasiswa mengembangkan kegiatan-kegiatan berbasis kimia secara intensif.
Ketua pelaksana, Alvin Djauhar Al Khair menuturkan, berbeda dengan sebelumnya, seleksi babak penyisihan olimpiade tingkat SMU se-Jawa Timur tahun ini terbagi dalam tiga rayon: Surabaya, Malang dan Jombang. Diikuti 143 orang peserta, babak penyisihan berlangsung Minggu 10/9, untuk menyeleksi 30 peserta yang berhak ke babak selanjutnya. Kalau tahun lalu peserta hanya diberi soal-soal teoritis (multiple choice) dan aplikatif (praktikum), untuk tahun ini bentuk kegiatannya lebih variatif.
Dari 30 peserta yang mengikuti babak penyisihan, selanjutnya dipilih 10 peserta yang maju ke babak semifinal. Pada babak semifinal dengan kegiatan Chemís Visual dan Chemís Laboratory, diseleksi 5 peserta terbaik. Kelima peserta ini masuk babak final, dengan kegiatan Chemís Speech bertema aplikatif dengan topik ďEnergi Alternatif sebagai Pengganti Bahan Bakar FosilĒ dan Chemís Action (cepat tepat di bidang kimia).
Pada pelaksanaan olimpiade kali ini, pihak panitia berusaha memberikan pelayanan yang lebih baik kepada tim peserta. Antara lain dengan menyediakan ruang istirahat bagi official (guru pembimbing) maupun peserta. Dalam ruangan tersebut mereka dapat menikmati VCD Iptek Harun Yahya dan pameran berbagai poster penelitian, hasil praktikum dan PKM dari kimia fisik, kimia organik, kimia anorganik dan biokimia.
Melengkapi penjelasan Alvin, dua orang staf pelaksana: Arfebiyan Wahyu dan Widi Rahayu Mereka menambahkan, Olimpiade Kimia kali ini melibatkan tim soal yang terdiri dari mahasiswa berprestasi dalam berbagai karya ilmiah, seperti PKM dan LTM. Mereka antara lain: Andra Dwi Yulianto (Kimia 2003), Ari Enggar Fitri (Kimia 2004), Ratih Purnaningtyas (Kimia 2004), Sisca Yuliati (Kimia 2004), Novi Suniasih (Kimia 2003) dan Eva Elya (Kimia 2003). Mereka mengatakan, olimpiade ini merupakan cikal bakal kegiatan yang lebih besar: Olimpiade IKA HIMKI (Ikatan Himpunan Mahasiswa Kimia), untuk tingkat regional maupun nasional, sehingga diutamakan pesertanya adalah siswa siswi kelas I dan II SMU.
Dewan juri dalam olimpiade ini adalah para dosen Jurusan Kimia FMIPA Unibraw, yaitu: Drs Warsito MS (kimia organik), Zubaidah Ningsih SSi (kimia fisik), Qonita Fardiah SSi (kimia analitik), Siti Muthrofin SSi MSi (kimia anorganik) dan Ari Srihardyastuti SSi MKes.
Pemenang dalam ajang kompetisi ini, secara berturut-turut, Juara I: Ria Ayu (SMAN 3 Malang, berhak atas trofi bergilir Gubernur Jatim dan trofi tetap Walikota Malang serta uang senilai Rp 700 ribu); Juara II: Jefry (SMAN 1 Gresik, berhak atas trofi Rektor Unibraw dan uang senilai Rp 400 ribu); Juara III: Anita (SMAN 2 Kediri, berhak atas trofi Dekan FMIPA Unibraw dan uang senilai Rp 300 ribu). Sementara itu Juara Harapan I: David dan Juara Harapan II: Ivan, keduanya dari SMA Kolese Santo Yusuf,  berhak mendapatkan vandel dan hadiah hiburan dari panitia. [nok]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID