Prasetya Online

>

Berita UB

Nikisae Japan Co.Ltd Bantu Mahasiswa Kerja di Jepang

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh ireneparamita pada 03 Juni 2016 | Komentar : 0 | Dilihat : 3631

WR IV UB, President & Representative Director Nikisae, Rektor UB, dan Kasubbag Kerjasama Dalam Negeri dan Luar Negeri UB
WR IV UB, President & Representative Director Nikisae, Rektor UB, dan Kasubbag Kerjasama Dalam Negeri dan Luar Negeri UB
Universitas Brawijaya (UB) dan Nikisae Japan Co.Ltd perbaharui Nota Kesepakatan Bersama (MoU), Rabu (1/6/2016). President and Representative Director Nikisae Japan Co.Ltd Takahashi Katsunori menyampaikan, dalam kerjasama ini terdapat tiga poin yang disepakati yaitu, dukungan bagi mahasiswa untuk studi di Jepang, pengenalan peminat pekerjaan terhadap lapangan pekerjaan di Jepang, serta kerjasama dalam pengembangan di bidang industri.

"Untuk mahasiswa yang berkuliah pada tahun ketiga atau keempat akan ditawarkan untuk magang di perusahaan Jepang yang ada di Indonesia maupun di Jepang. Tentunya disesuaikan dengan latar belakang pendidikan," ujar Takahashi.

Demikian juga untuk para lulusan, Nikisae Japan Co.Ltd akan menjembatani peminat pekerjaan terhadap lapangan pekerjaan perusahaan Jepang yang ada di Indonesia maupun di Jepang. Adapun, bidang lapangan pekerjaan yang ditawarkan meliputi penerjemah, teknik industri, dan programmer komputer.

"Dalam 3 proyek ini, mahasiswa tidak perlu mengeluarakan biaya. Perusahaan perekrut akan menanggung biaya akomodasi," kata Takahashi.

Rektor UB Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS menyambut baik kerjasama ini. "Kami akan sosialisasikan kepada para mahasiswa dan jika diperlukan pelatihan akan kami sediakan tempat," tegas rektor.

Senada dengan Rektor, Wakil Rektor IV Dr. Ir. Moch. Sasmito Djati, MS menuturkan, tugas universitas bukan hanya meluluskan mahasiswa tetapi mempersingkat waktu tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan pertama.

"Untuk itu akan kami sosialisasikan kepada semua fakultas karena semua fakultas berpeluang mendapatkan kesempatan ini. Saya harap para lulusan bisa secepatnya dapat pekerjaan, sehingga masa tunggu mendapat pekerjaan relatif singkat," paparnya.

Sebelumnya pada tahun 2007, UB dan Nikisae Japan Co.Ltd sudah menandatangani perjanjian kemitraan dalam hal "Pengembangan dan Perekrutan Insinyur-insinyur TI". Dari perjanjian tersebut, 100 mahasiswa dari Jurusan Ilmu Komputer, Teknik Elektro, dan Teknik Informatika melaksanakan pendidikan bahasa Jepang dengan kerjasama penuh dengan pihak jurusan Bahasa Jepang Fakultas Ilmu Budaya, dan sembilan orang lulusan diundang ke Jepang dan sukses direkrut sebagai system engineer di Jepang.

PT. Nikisae Japan Co.Ltd yaitu perusahaan System Development dimana kantor pusatnya berada di Kota Nagoya. Perusahaan ini juga merupakan perusahaan konsultan IT yang membuat sistem online perbankan, sistem online sekuritas, dan sistem bisnis industri manufaktur. Di Indonesia, Nikisae menjalankan bisnis dalam bidang kursus Bahasa Indonesia, kursus Bahasa Jepang, penerjemah dan juga pengembangan off-shore. Selain itu juga konsultan perusahaan-perusahaan jepang yang berhubungan dengan Indonesia. [Irene]

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID