Prasetya Online

>

Berita UB

Monash University Australia Paparkan Kerjasama Riset dan Studi Lanjut

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaPTIIK pada 22 September 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 354

Pemaparan Monash University di FILKOM
Pemaparan Monash University di FILKOM
Prof. Sue McKemmish selaku Associate Dean Graduate Research di Faculty of Information Technology (Faculty of IT), Monash University, Australia hadir di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB), Senin (18/09/2017) memberikan pemaparan mengenai kerjasama riset dan studi lanjut yang dapat dilakukan untuk memberikan manfaat bagi kedua universitas.

Dalam kesempatan tersebut Prof. Sue didampingi oleh Ms. Helen Cridland selaku Graduate Research Project Officer dan Dr. Misita Anwar selaku alumni sekaligus Teaching AssociatesFaculty of IT Monash University.

Membuka paparannya Prof. Sue terlebih dahulu menyampaikan gambaran umum mengenai Faculty of IT, Monash University. Dalam data statistik yang disampaikan Prof. Sue, Faculty of IT Monash University memiliki 3.744 mahasiswa undergraduate dan postgraduate. Sementara mahasiswa research sendiri saat ini mencapai 180 orang. Jumlah mahasiswa tersebut masih didominasi oleh mahasiswa laki-laki, dimana mahasiswa perempuan hanya menempati porsi 24% dari total mahasiswa undergraduate dan postgraduate sedangkan 31% dari mahasiswa research.

Untuk menjamin berjalannya sistem pendidikan, Faculty of IT Monash University diperkuat dengan 130 staf akademik dan 45 staf professional. Dalam Faculty of IT, Monash University terdapat beberapa penelitian yang dijalankan meliputi bidang data sciencecyber security and systemscreative technology and human computer interface, social and organizational informatics serta digital health.

Pada kesempatan tersebut Prof. Sue juga memberikan informasi nama profesor yang bertanggung jawab di masing-masing bidang penelitian. Sehingga bagi peserta sosialisasi yang hadir dapat menghubungi profesor bersangkutan jika memiliki rencana untuk melakukan joint research atau studi lanjut di kemudian hari.

Sementara itu Dr. Misita Anwar berkesempatan memberikan informasi tentang berbagai penelitian yang pernah dilakukan oleh mahasiswa asal Indonesia di Faculty of IT Monash University. Ia juga berbagi pengalaman sebagai WNI selama menjadi menuntut ilmu di Australia.

Disampaikan oleh Dr. Misita bahwa penelitian yang diangkatnya saat menempuh studi program doktoral di Faculty of IT Monash University berjudul 'The Impact of mobile phones on the well-being of micro entrepreneurs in Indonesia'. Selain itu dalam pemaparan Dr. Misita, mahasiswa WNI lainnya juga pernah mengangkat beberapa penelitian berbeda antara lain mengenai Health Information System dan Technocultural Experience.

"Dari pengalaman kami dengan beasiswa LPDP atau beasiswa Monash University sudah bisa mencukupi untuk kebutuhan biaya studi dan pengeluaran sehari-hari kalau mengajak keluarga. Apalagi jika pasangan ikut dan bekerja disana. Untuk pendidikan anak-anak juga tidak perlu khawatir. Karena di Australia untuk anak-anak dari mahasiswa research boleh mengikuti pendidikan gratis hingga usia maksimal 18 tahun," ujar Dr. Misita.

Ms. Helen Cridland dalam kesempatan tersebut menyampaikan tiga program postgraduate yang dapat diambil di Faculty of IT Monash University. Yaitu PhD by thesis dengan masa studi empat tahun, harus menyelesaikan thesis 80.000 kata, PhD by Practice Based Project & Exegesis, dimana ujian terakhir berupa demonstrasi hasil project dan harus menyelesaikan thesis 30.000 kata, Master of Philosophy dengan masa dua tahun penelitian dan harus menyelesaikan thesis 30.000 kata.

Persyaratan untuk bisa diterima sebagai mahasiswa Monash University sendiri harus memenuhi persyaratan sebagai berikut lulusan sarjana atau master, IPK minimal 3.20 - 3.49, skor IELTS minimal 6.5 dan nilai minimal master thesis B. Sementara bagi mereka yang ingin mendaftar untuk Monash Scholarship harus memenuhi persyaratan tambahan meliputi; IPK minimal 3.50 - 4.00 dan nilai minimal master thesis A.

Selain itu, publikasi pada jurnal dan konferensi yang bereputasi juga bisa menambah poin penilaian. Untuk pendaftaran beasiswa bagi mahasiswa asing dibagi dalam dua periode. Periode I berakhir setiap tanggal 31 Maret dan periode II berakhir setiap tanggal 31 Agustus. Informasi lebih lanjut dapat diakses di monash.edu/it/research-degrees.

"Kami sarankan untuk yang ingin mengajukan beasiswa dapat mengajukan aplikasinya minimal dua bulan sebelumnya. Karena prosesnya membutuhkan waktu," jelas Prof. Sue dalam bahasa Inggris.[dina/Humas UB]

 

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID