Prasetya Online

>

Berita UB

Menggagas Perubahan Pendidikan Library and Information System (LIS) dan Kepustakawanan Indonesia Baru

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaLIB pada 06 October 2015 | Komentar : 0 | Dilihat : 2296

Perpustakaan UB gelar seminar menggagas perubahan pendidikan kepustakawanan
Perpustakaan UB gelar seminar menggagas perubahan pendidikan kepustakawanan
Pustakawan merupakan polisi lalu lintas informasi yang bertugas diantaranya mengarahkan ke mana informasi ilmu pengetahuan dicari  dan ke mana  informasi itu disalurkan. Perpustakaan sekarang ini berkembang pesat  sesuai perkembangan teknologi  informasi yang sangat cepat. Oleh karena itu,  perpustakaan Universitas Brawijaya (UB) mengadakan seminar bertema "Menggagas Perubahan Pendidikan Library and Information System (LIS) dan Kepustakawanan Indonesia Baru". Seminar ini diikuti sekitar 100 orang terdiri dari pustakawan PTN/PTS se-Indonesia, pustakawan Perpustakaan Daerah seluruh Indonesia.

Bertempat di Aula perpustakaan UB, Dra. Widia Permana, S.Sos, M.AB  selalu Ketua Pelaksana seminar mengatakan perubahan layanan perpustakaan  yang dulu  library service sekarang menjadi user service. Dengan perubahan itu, Widia mengatakan bahwa pengguna, pengelola, dan pemakai bisa secara seksama menyikapi perubahan ini. Diakhir sambutannya, Widia menyatakan terima kasih kepada  peserta serta Kepala Perpustakaan yang telah mendukung dan memberikan ijin terselenggaranya seminar nasional ini.

Seminar dibuka secara resmi oleh Drs. Johan A.E. Noor, M.Sc, Ph.D. Disela sambutannya  Johan berharap semua peserta seminar dapat mengikuti acara ini dengan baik. Ia mengungkapkan bahwa perpustakaan di Indonesia kebanyakan masih memakai cara lama yaitu menyimpan buku serta pinjam meminjam buku. Ini menurutnya berbeda dengan di luar negeri. Ia pun mencontohkan di Malaysia,  perpustakan sudah menjadi Learning centre. Selain itu, Thailand sudah menjadikan perpustakaan  menjadi pusat informasi pembelajaran, sehingga mahasiswa, dosen, peneliti bisa mencari informasi di perpustakaan dengan tepat dan cepat.  Sebelum membuka seminar, Johan berharap perpustakaan dilengkapi ilmu informasi dan bisa memberikan layanan seperti di luar negeri. Walaupun, kata dia, itu semua tidak bisa dikerjakan dengan biasa-biasa saja, melainkan harus dengan luar biasa.

Materi seminar disampaikan oleh Drs. Ida Fajar Priyanto, MA, Ph.D. Sehari-harinya, Ida adalah kepala UPT Perpustakaan Universitas Gadjah Mada. Seminar dipandu oleh moderator Drs. Darmono, M.Si yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Materi disampaikan oleh Ida yang juga doktor  lulusan University of Texas Amerika dengan joke-joke segar sehingga peserta pun antusias mengikutinya, yang kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi.

Seminar ditutup secara resmi pada pukul 13.00 WIB oleh Drs. Johan A.E. Noor, M.Sc, Ph.D.  Sebelum menutup, Johan mengucapkan terima kasih kepada pemateri, Ketua Pelaksana juga moderator dan semua peserta. Ia bermanfaat acara ini bermanfaat kepada semua yang hadir. Dengan mengucap hamdallah, acara kemudian ditutup dan dilanjutkan pemberian tali asih kepada pemateri dan moderator serta foto bersama. [d-Khoir/Humas UB]

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID