Prasetya Online

>

Berita UB

Memperkenalkan Budaya Indonesia Lewat Gamelan

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyafib pada 08 April 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 914

Mahasiswa Asing Program Darmasiswa RI FIB UB Berlatih Gamelan
Mahasiswa Asing Program Darmasiswa RI FIB UB Berlatih Gamelan

Selain belajar membuat batik dan keramik khas Malang, mahasiswa asing Program Darmasiswa RI Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) angkatan 2018/2019 juga diberi pengetahuan tentang gamelan Jawa. Mereka berlatih gamelan di Gedung Rektorat Lama Lantai 1 UB setiap hari Rabu dimulai pukul 16.00 WIB.

Dilatih oleh tiga orang pelatih dari Unitantri UB, kegiatan ini diadakan selama sepuluh kali pertemuan. Kegiatan ini diawali dengan memperkenalkan nama-nama alat musik gamelan Jawa yang terdiri dari: bonang barung/ bonang babok/ bonang babon, bonang penerus, saron, peking, demung, slenthem, kenong, kethuk, kempyang, kempul, gong, gender, gambang, dan kendang.

Selain itu, juga diperkenalkan tangga nada yang sering digunakan dalam gending yang dimainkan dengan seperangkat gamelan Jawa, yaitu laras slendro dan laras pelog. Sebagai pemula, pelatih dari Unitantri UB mengajari para mahasiswa Program Darmasiswa RI FIB UB memainkan lagu lancaran yang merupakan bentuk gending sederhana. Lagu pertama yang diajarkan adalah "Suwe Ora Jamu".

Para mahasiswa asing tersebut terlihat antusias dalam memainkan alat musik gamelan Jawa tersebut. Ketujuh mahasiswa asing Program Darmasiswa RI tahun ajaran 2018/2019 di FIB UB adalah Raj Nandita dari India, Solohery Mampionona Aime Randrianantenaina dari Madagascar, Maria Galkina dari Rusia, Byungju Shim dari Korea Selatan, Emmanuel Michael Massay dari Tanzania, Ho Anh Nguyet dan Tran Huu Nguyet Cam dari Vietnam.

Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memperkenalkan budaya Indonesia sekaligus memberikan pengalaman memainkan alat musik gamelan Jawa kepada seluruh mahasiswa Program Darmasiswa RI FIB UB. Dengan harapan, pada akhir semester ini, mereka lebih dekat dengan Indonesia dan bisa memainkan lagu sederhana tradisional Jawa untuk dipentaskan pada acara perpisahan mereka. [DT/MSH/PSIK FIB/Humas UB]

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID