Prasetya Online

>

Berita UB

Mahasiswa UB Sabet Juara I Lomba Essay Nasional

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh oky_dian pada 07 Mei 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 1032

Rafifnanda Hastomo (FILKOM) dan Sabrina Umi Latifa Darma (FISIP)
Rafifnanda Hastomo (FILKOM) dan Sabrina Umi Latifa Darma (FISIP)
Dua mahasiswa Unversitas Brawijaya (UB) yaitu Rafifnanda Hastomo (FILKOM) dan Sabrina Umi Latifa Darma (FISIP) menjadi juara I dalam lomba essay bertema Reformasi Pendidikan yang diselenggarakan oleh Himpunan Kebijakan Pendidikan UNY beberapa waktu lalu.

Inovasi yang mereka buat berupa pembuatan aplikasi untuk membantu anak-anak usia sekolah yang mengalami Undereciver. 

Undereciver adalah kondisi seorang anak dengan IQ tinggi, namun mempunyai permasahalan dalam belajar dan cenderung mudah terpengaruh terhadap lingkungan sekitarnya. 

Aplikasi ini dinamakan Re-wired, dibentuk dengan tiga program yaitu sick, motif, dan goals. Program sick untuk menemukan dan mencari minat bakat anak tersebut, program motif berupa konsultasi online mengenai hasil dari program sebelumnya, dan terakhir program goals berupa penjabaran dan arahan mengenai minat bakat yang pas untuk anak penderita underesifer.

"Contoh permasalahannya, ada anak pintar dengan IQ diatas 120, tetapi dia tidak tahu apa minat bakatnya dan tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk pengembangan dirinya.

Adanya aplikasi ini, dapat memberikan solusi yang sesuai bagi anak tersebut dengan melakukan tiga program yang telah disediakan,"kata rafif.

Tahap awal perlombaan dengan pengumpulan esay dilaksanakan pada 6 April 2019, kemudian team Rafif dan Nanda lolos menjadi finalis sepuluh besar yang berkesempatan untuk presentasi di Universitas Negeri Yogyakarta pada (11/4-13/4/2019).

Pulang membawa piala juara I, tidak membuat mereka cepat puas dengan hasil yang didapatkan sekarang. Bulan depan, mereka masih akan bergelut dalam lomba esay yang akan diadakan di Universitas Airlangga. 

"Visi tanpa misi, hanyalah angan, misi tanpa visi, adalah mimpi buruk". Bagi teman-teman yang ingin mengikuti lomba esay berkelompok yaitu carilah teman team yang pas, selalu optimis tapi tetap santai, dan selalu bersyukur dengan apa yang diberikan oleh Tuhan,"kata Rafif mewakili tim. (Dita/Kirana/Humas UB)

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID