Prasetya Online

>

Berita UB

Mahasiswa UB Antusias Ikuti Simulasi CAT BKN

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh dimaspam pada 26 April 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 320

Mahasiswa UB mencoba simulasi CAT BKN
Mahasiswa UB mencoba simulasi CAT BKN
Masih asingnya seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menggunakan sistem Computer Assisted Test di masyarakat maupun mahasiswa,
Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelenggarakan simulasi Sistem CAT yang diperuntukkan khusus bagi mahasiswa UB maupun masyarakat umum, Selasa-Rabu (24-25/4/2018) di Cafetaria Land (CL) UB. Sebanyak 61 mahasiswa dan masyarakat umum dalam dua hari antusias mencoba simulasi tes ujian masuk dengan CAT tersebut.

Yudhantoro Batu selaku Kepala Bagian Media dan Humas BKN mengatakan seleksi baik untuk Tes CPNS maupun sekolah kedinasan dengan menggunakan CAT ini akan menghapus pandangan masyarakat umum bahwa untuk masuk CPNS atau sekolah kedinasan sangat kental akan Kolusi dan Nepotisme.

“Sistem CAT ini sangat Transparan, Cepat dan Akuntabel sehingga bisa dijamin seleksi tes sekolah kedinasan maupun CPNS tidak ada unsur “bawaan”. Dalam sistem ini peserta bisa mengetahui nilainya langsung begitu selesai tes, dan selama tes sampai selesai nilai peserta dapat dimonitor oleh semua pihak baik auditor maupun pihak keluarga yang mengantar karena ditampilkan pergerakan nilai seluruh peserta tes di luar ruang ujian melalui media monitor maupun aplikasi smartphone di Official CAT BKN yang dapat diunduh di Playstore,” tegas Yudhantoro.

Beliau juga menjelaskan dalam simulasi ini soal yang diberikan sebanyak 40 soal yang dibagi dalam empat kategori yakni tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelejensi umum (TIU), tes karakteristik pribadi (TKP) maupun tes kompetensi bidang (TKB) dan peserta harus menyelesaikannya dalam waktu 30 menit dan BKN menyediakan 4 laptop bagi peserta simulasi.

“Selama ini yang menjadi momok bagi peserta seleksi CAT baik CPNS maupun sekolah kedinasan adalah TKW dimana pertanyaan mengenai Pancasila, UUD 1945, Kemerdekaan, PPKI, BPUPKI dan lainnya merupakan hal yang asing bagi kaum milenial,” kata Kepala Biro Humas BKN, Muhammad Ridwan, ST., MEng.

Harapannya, melalui simulasi CAT ini para mahasiswa maupun masyarakat umum yang ingin menjadi PNS nantinya mampu menciptakan pelayanan publik yang lebih baik.

“Jika SDM yang diambil dari kalangan mahasiswa yang berintelegensi tinggi, maka nantinya SDM yang dimiliki pemerintah cukup berkualitas. Sehingga lapangan pekerjaan di sektor publik pemerintahan ini cukup menjanjikan dan menarik,” kata Ridwan.[dimas]Kabiro Umum dan Kepegawaian UB Drs Syarif Utomo MM, memberikan cinderamata kepada Kabiro Humas BKN Muhammad Ridwan, ST, MEng. (rhd)
Kabiro Umum dan Kepegawaian UB Drs Syarif Utomo MM, memberikan cinderamata kepada Kabiro Humas BKN Muhammad Ridwan, ST, MEng. (rhd)

 

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID