Mahasiswa Teknik Komputer FILKOM Raih Gold Medal di InIIC 2018

Dikirim oleh dinaoktavia pada 10 Juli 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 481

Tim Kity Bank
Tim Kity Bank
Mahasiswa Program Studi Teknik Komputer, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) berhasil meraih Gold Medal pada lomba “International Invention & Innovative Competition (InIIC) Series 1 / 2018” yang dilaksanakan di Federal Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia (12/5/2018). Mereka adalah Dhiza Wahyu Firmansyah (TEKOM 2016), Akbar Dicky Purwanto (TEKOM 2016), Ammar Waliyuddin Jannah (TEKOM 2016) dan Risky Wahyu Setiawan (SI 2015).

Dalam Lomba tersebut mereka membawa alat yang diberi nama Kitty Bank. Kitty Bank adalah celengan yang dapat mengingatkan pemiliknya melalui aplikasi mobile untuk selalu mengisi celengannya setiap hari. Dengan penerapan gamification, pemilik seoalah-olah memelihara hewan peliharaan virtual pada aplikasi yang membutuhkan makanan berupa uang yang ditabung di celengan. Jika celengan sering diisi maka hewan tersebut akan terlihat sehat bugar dan energik. Namun, jika celangan jarang diisi maka hewan virtual pada aplikasi akan lemas bahkan dapat jatuh sakit dan pemilik akan diingatkan untuk mengisi celengannya. Dengan cara seperti ini diharapkan para remaja tidak cenderung mengikuti trend gaya hidup konsumtif yang kurang baik dan menjadi rajin menyisihkan uangnya untuk kebutuhan masa depannya yang cemerlang.

Pembuatan alat Kitty Bank ini dilakukan dibawah bimbingan salah satu dosen FILKOM yaitu oleh Rizal Maulana, S.T., M.T., M.Sc. yang merupakan dosen Prodi Teknik Komputer. Pada ajang lomba tersebut mereka berkompetisi pada kategori Science, Engineering & Technology. [ayun]