Prasetya Online

>

Berita UB

Mahasiswa Teknik Kimia UB Ciptakan Pengganti Freon dari Limbah

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaFT pada 23 Agustus 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 603

IMG-20170822-WA0019
IMG-20170822-WA0019
Sejauh ini, kebutuhan listrik meningkat di setiap tahunnya sehingga mendorong Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) untuk meningkatkan produksi listrik. Dalam menghasilkan listrik PLTU masih menggunakan batubara sebagai sumbernya. Batubara yang digunakan diolah dengan menggunakan proses pembakaran. Sayangnya proses pembakaran itu menghasilkan limbah samping seperti abu terbang (fly ash) yang dapat menimbulkan permasalahan bagi lingkungan dan kesehatan.

Setelah ditelurusi lebih lanjut, ternyata abu terbang memiliki kandungan silika dengan persentase yang cukup besar yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi produk yang bernilai tinggi. Potensi yang sangat besar ini memicu tim SIROGEL dari Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) untuk melakukan penelitian dengan judul Penggunaan Polyethylene Glikol sebagai Template dalam Sintesis Silika Aerogel dari Abu Terbang (Fly Ash) Batubara untuk Aplikasi Solid Sorption Refrigeration.

Digawangi oleh Indah Sakina, bersama empat anggota timnya; Wafiyatus Sholihah, Moh. Rizal Fauzi, Hardo Tri Wahyu, dan Joshia Christa meneliti kandungan silika pada limbah abu terbang. Di bawah bimbingan Ir. Bambang Poerwadi MS mereka mengolah silika pada limbah menjadi silika aerogel. Silika aerogel merupakan suatu material yang unik dan memiliki banyak kegunaan dan potensi pengaplikasian. Silika aerogel dapat digunakan sebagai self cleaners pada kaca, coating aerospace pada thermos, heat storage serta dapat digunakan sebagai solid sorption refrigerant.

IMG-20170822-WA0021
IMG-20170822-WA0021
Dalam penelitian ini, silika aerogel yang dihasilkan memilik kemampuan untuk menyerap air yang sangat besar sehingga silika aerogel tersebut sebagai solid sorption refrigeration dalam sistem pendingin seperti coolbox dan air conditioner (AC). Solid sorption refrigeration merupakan solusi bagi sistem pendingin yang ramah lingkungan. Prinsip solid sorption refrigeration adalah penyerapan udara panas oleh pori-pori silika aerogel. Silika aerogel yang telah menyerap udara panas dapat didinginkan dengan cara mengalirkan air dingin ke dalam pori silika aerogel sehingga silika aerogel dapat menjadi dingin dan penyerapan akan udara panas dalam sistem dapat terus dilakukan.

Hal yang menarik dari penelitian ini adalah silika aerogel yang dihasilkan tidak hanya dapat diaplikasikan sebagai solid sorption refrigeration tetapi juga memiliki potensi lain yang bermanfaat bagi masyarakat. Penelitian ini juga dapat mengurangi pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh limbah abu terbang (fly ash) maupun pencemaran yang diakibatkan oleh freon dalam suatu sistem pendingin.

"Penggunaan hasil penelitian ini sebagai solid sorption refrigeration bisa menggantikan CFC dalam sistem pendingin," ujar ketua tim SIROGEL, Indah.

Tim SIROGEL merupakan salah satu dari tiga tim yang lolos mewakili FT-UB untuk berjuang di kompetisi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-30 yang akan diselenggarakan di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar pada tanggal 23-28 Agustus 2017 mendatang. (indah/mic/Humas UB)


poster sirogel

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID