Prasetya Online

>

Berita UB

Mahasiswa S3 Tohoku University Magang di Grup Riset Geoinformatika

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh dinaoktavia pada 18 Desember 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 1006

Fajar Febriani Amanda (kanan) magang di FILKOM
Fajar Febriani Amanda (kanan) magang di FILKOM
Fajar Febiani Amanda, mahasiswa S3 Tohoku University Jepang melakukan kegiatan magang/internship di Grup Riset Geoinformatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB). Fajar adalah warga negara Indonesia asal Banjarnegara yang kini sedang berada dalam tahun kedua studinya di Graduate School of Environmental Studies, Tohoku University Jepang. Bidang riset yang ditekuninya adalah Panas Bumi (Geothermal) dengan riset yang sedang dilakukan berjudul "Menentukan potensi Deepseated geothermal reservoir menggunakan inklusi magma". Internship ini akan dilakukannya selama 3 minggu dimulai dari tanggal 10 Desember 2018.

"Jadi untuk tahun ini ada keharusan bagi mahasiswa program doktoral di Tohoku University untuk melakukan internship. Saya pilih universitas di Indonesia awalnya karena rekomendasi profesor saya. Kemudian saya ambil kesempatan ini untuk bisa mengetahui bagaimana sistem perkuliahan di tanah air," jelas Fajar.

Disampaikan oleh Fajar selain untuk memenuhi syarat kelulusan dari universitas, kegiatan internship ini juga dilakukannya untuk mencari pengalaman dunia kerja, mengamati dan merasakan kondisi lingkungan kerja di tanah air serta mencoba hal baru di luar bidang keilmuan yang ditekuni. Beberapa agenda kegiatan yang akan dilakukannya selama intership antara lain pengamatan langsung proses perkuliahan di FILKOM, melakukan riset mengenai perubahan topografi wilayah Malang Raya dan melakukan validasi terhadap data primer mengenai perubahan topografi wilayah Malang Raya yang sebelumnya telah dilakukan oleh grup riset Geoinformatika.

Fatwa Ramdani, D.Sc., S.Si., M.Sc. ketua Grup Riset Geoinformatika FILKOM UB mengatakan kegiatan internship ini bermula dari kerjasama yang sebelumnya sudah terjalin antara dirinya dengan beberapa profesor di Tohoku University Jepang, salah satunya Prof. Noriyoshi Tsuchiya yang membimbing studi S3 Fajar. Hal ini dikarenakan Fatwa juga merupakan alumni program doktoral Graduate School of Science, Tohoku University. Kerjasama di bidang internship ini dinilai Fatwa sangat baik untuk meningkatkan kualitas hasil penelitian FILKOM. Selain itu juga dapat menjadi salah satu perwujudan dari pencapaian visi misi menjadi world class university.

"Selain itu kolaborasi di bidang riset berbeda ini juga sangat baik karena dapat melahirkan bidang ilmu baru yang mendorong batas ilmu pengetahuan," ungkap Fatwa. [dna/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID