Prasetya Online

>

Berita UB

Mahasiswa HI UB Borong Juara Debat Tingkat Nasional

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh vicky.nurw pada 16 Mei 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 449

Delegasi jurusan HI UB saat Debat Politik Mahasiswa Nasional di Unnes
Delegasi jurusan HI UB saat Debat Politik Mahasiswa Nasional di Unnes
Tahun 2018 merupakan tahun  politik. Ini karena pada tahun 2018, akan digelar pilkada serentak di Indonesia. Menanggapi hal tersebut, sebagai mahasiswa, sudah selayaknya  memiliki pemikiran yang kritis terhadap isu yang sedang berkembang.

Hal ini diterapkan oleh tiga mahasiswa jurusan Hubungan Internasional angkatan 2017, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya yakni Yudha  Ikhwan Pradana, Adi Altahiram Nuryanto, dan Deibei Saphira. Ketiga mahasiswa ini berhasil menjuarai Lomba Debat Politik Mahasiswa Tingkat Nasional ke-4 yang diselenggarakan oleh HIMAPKN  Fakultas Ilmu Sosial Universitas  Negeri Semarang.

Gelaran lomba tersebut merupakan salah satu rangkaian acara Bulan Pancasila, yang diselenggarakan pada Jumat hingga Minggu, (11-13/05/2018) dengan tema "Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila Untuk Menghadapi Tahun Politik 2018". Kegiatan ini membahas isu-isu terhangat perpolitikan di Indonesia.

Selain delegasi UB, kegiatan ini juga diikuti oleh 80 delegasi lain dari brbagai kampus di Indonesia diantaranya Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Syiah Kuala, Universitas Negeri Padang dan beberapa kampus lain. Kegiatan ini diawali dengan pengiriman essay untuk menyaring 16 besar yang selanjutnya akan mengikuti seleksi tahap kedua berupa debat di UNES.

Yudha selaku ketua kelompok mengakui persiapan kelompoknya belum maksimal. "Karena padatnya jam dan tugas kuliah dan berbagai kegiatan kemahasiswaan sehingga kami merasa belum bisa maksimal. Kami juga dibimbing oleh Muhammad Riza Hanafi, S.IP., MIA hingga akhirnya berhasil meraih Juara I Essay dan Juara 2 Debat", jelasnya.

Melalui ajang ini, Yudha dan kelompoknya berharap dapat terus mengembangkan ilmunya. "Yang terpenting kita berani mencoba event tingkat nasional maupun internasional. Karena selain kita mengembangkan diri untuk belajar di kelas maupun berorganisasi harus ada pengaplikasian ilmu yang kita dapat melalui lomba agar dapat mengharumkan nama UB" pungkasnya. [vida/vicky]

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID