Prasetya Online

>

Berita UB

Mahasiswa Fapet UB Olah Makanan dari Limbah Keju

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh dietodita pada 17 Juni 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 490

Sosialisasi U Whey's
Sosialisasi U Whey's
Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) yang terdiri dari Yulianto Adi Perdana (2017), Isramiaty Nurma Sari (2016), Saadatin Nurul Jannah (2016), dan Ajid Alfaruki (2016) membuat olahan makanan berbahan baku
whey. Yaitu cairan sisa dari proses penggumpalan dan penghilangan kasein susu selama pembuatan keju.

Whey atau limbah keju ini memiliki banyak manfaat dalam bidang kesehatan, antara lain menjaga imunitas dan mencukupi kebutuhan mineral tubuh. Whey cair mengandung 4% karbohidrat, 4% protein, 1% asam lemak tak jenuh, dan beberapa vitamin. Diantaranya  tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, folat, vitamin B12, asam pantotenik, serta mineral Ca, Mg, P, Fe, Na, Zn, dan Se.

Yulianto Adi dkk membuat berbagai olahan cemilan dari whey yang diberi nama U-Wheys (Utilization Whey Waste). Produk U-Wheys antara lain cookies, chips, dan nata de whey. Pada pembuatan cookies dan chips, whey digunakan sebagai pengganti air.

 "Program ini adalah program pengabdian masyarakat yang ditujukan di Desa Bambang Kecamatan Wajak - Kabupaten Blitar. Tujuannya melatih dan menumbukan jiwa intrepreneur bagi masyarakat."katanya

Selain pelatihan pengolahan produk mereka juga dilatih dalam hal pemasaran secara online maupun offline. Pemasaran online memanfaatkan media sosial yaitu facebook dan instagram.

Ketua Dasa Wisma mengatakan bahwa dengan adanya program pelatihan pengolahan limbah whey ini sangat membantu memberikan pengetahuan dan mengasah kreativitas. Sebab selama ini whey kurang dimanfaatkan. Harapan kedepannya dapat menambah pundi-pundi pendapatan bagi masyarakat Desa Bambang. (tim/dta/Humas UB)

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID