Prasetya Online

>

Berita UB

Mahasiswa FTP Buat Alat Sterilisasi Popok Bayi

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaftp pada 16 Juli 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 296

BAPER TECH
BAPER TECH
Popok bayi (baby diapers) merupakan salah satu kebutuhan yang akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah kelahiran. Secara umum popok bayi berbahan kapas dan pulp yang merupakan sampah anorganik dan memerlukan sekitar 500-800 tahun untuk terdegradasi sempurna. Bekas popok bayi ini akan menjadi limbah padat yang termasuk sebagai limbah rumah tangga.

Maka dari itu, timbul keprihatinan masyarakat, sehingga berdiri UKM CANTUKA KREATIF di Kota Malang. UKM CANTUKA KREATIF merupakan satu-satunya di Kota Malang yang mengolah limbah popok bayi (baby diapers) menjadi aneka souvenir (bunga hias, kotak tisu, pot tanaman, tas, dompet dan lain sebagainya) yang cantik dan memiliki nilai jual. Berdasarkan penjelasanYunita sebagai kader lingkungan dan pendiri UKM CANTUKA KREATIF, proses pengolahan limbah popok bayi bekas pakai ini masih dilakukan secara manual dan konvensional.

Tahap pertama pengolahan limbah popok bayi yaitu dengan mencuci menggunakan detergen yang dilakukan secara manual. Selanjutnya akan digunakan ”byclin” sebagai desinfektan pada tahap  pembunuhan mikroorganisme. Proses ini selain membutuhkan waktu lama sehingga tidak efektif dan efisien juga berbahaya bagi kelestarian lingkungan karena sisa air yang telah mengandung detergen maupun desinfektan itu dibuang begitu saja.

Berdasarkan permasalahan UKM CANTUKA KREATIF tersebut, kelima mahasiswa Fakultas Teknologi Universitas Brawijaya, Baharuddin  Yuflihun R.D.S. (TEP/2016), Ichi Fiaqi Hamada (TEP/2016), Mutia Izzati (TEP/2016), Muhammad Nur Rasyid (TEP/2017), dan Vania Naurah Sube (TEP/2017), menciptakan teknologi sterilisasi dalam pengolahan limbah popok bayi. Inovasi tersebut diberi nama BAPER-Tech yaitu Double Jacket Sterilization for Baby Diapers Waste Technology atau alat sterilisasi popok bayi menggunakan prinsip double jacket melalui metode centrifugal speed terkontrol.

Baharuddin Yuflihun R.D.S. selaku ketua tim menjelaskan alat ini mampu melakukan pencucian dan sterilisasi limbah popok bayi dalam satu alat. Hal ini akan mempercepat proses pengolahan dan mempermudah ibu-ibu rumah tangga dalam mengolah limbah popok bayi

“BAPER-Tech merupakan teknologi sterilisasi yang dirancang khusus dengan prinsip double jacket  menggunakan suhu rendah, yaitu 50-60oC untuk menjaga kualitas serat diaper. Selain itu kami juga menggunakan Hidrogen Peroksida (H2O2) sebagai zat desinfektan yang lebih ramah lingkungan. Berdasarkan uji laboratorium yang kami lakukan, derajat keasaman (pH) H2O2 lebih netral dengan kekeruhan yang lebih rendah dibanding “byclin”. Teknologi kami ini juga mampu mempercepat proses sterilisasi limbah popok bayi karena BAPER-Tech dapat mengolah hingga 20 limbah popok bayi dalam sekali proses dengan waktu 30 menit. Kami juga menggunakan metode centrifugal speed sehingga sterilisasi lebih merata dan menyuluruh di setiap permukaan popok bayi,” paparnya.

Baharuddin dan tim berharap dengan adanya inovasi BAPER-Tech akan membantu UKM CANTUKA KREATIF dalam mengolah limbah popok bayi serta dapat diaplikasikan secara luas untuk pengoptimalan limbah popok bayi di Indonesia. (dse/Humas UB)

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID