Prasetya Online

>

Berita UB

Mahasiswa FISIP Memahami Ekonomi Politik Media Secara Menyeluruh

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyafisip pada 23 Mei 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 228

Kuliah Tamu Mata Kuliah Ekonomi Politik Media
Kuliah Tamu Mata Kuliah Ekonomi Politik Media
Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi (JIK) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB) yang tergabung dalam Kelompok Dosen Keahlian (KDK) Kajian Media mengadakan kuliah tamu untuk mata kuliah Ekonomi Politik Media. Kali ini kesempatan tersebut mendatangkan pembicara yang banyak membahas tentang Ekonomi Politik Media dan tentang media secara umum, yaitu Dosen Ilmu Komunikasi FISIP UGM Wisnu Martha Adiputra, S.I.P., M.A.

Pada acara yang diadakan Selasa, (22/5/2018) di Hall lantai 7 gedung B FISIP, tema yang diangkat adalah "Rethinking Political Economy of Communication in Indonesia". Wisnu menjelaskan bahwa Ekonomi Politik tidak hanya didefinisikan berdasarkan gabungan kedua katanya saja. Jika kedua kata tersebut digabung maka akan membentuk makna yang sangat berbeda. Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari sumberdaya, bagaimana sumberdaya di kelola. Sementara politik adalah ilmu yang berbicara tentang kepentingan dan kekuasaan.

"Kalau kedua kata itu digabungkan menjadi tentang bagaimana sumberdaya dikelola, oleh siapa dan siapa yang diuntungkan. Tetapi tidak semudah itu didefinisikannya," lanjut Wisnu.

Wisnu yang notabene  juga merupakan dosen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Gajahmada (UGM) Yogyakarta menjelaskan bahwa untuk belajar Ekonomi Politik harus menyeluruh, tidak bisa dari sudut pandang komunikasi saja, tapi juga bagaimana sistem politik suatu negara, bagaimana sistem ekonominya, serta bagaimana struktur masyarakatnya. [Charisma/Humas FISIP/Humas UB]

 

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID