Prasetya Online

>

Berita UB

Mahasiswa FILKOM Meraih Beasiswa Internship di Clear Water Creato Ltd. Nagoya Jepang

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaPTIIK pada 04 Juli 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 612

Abu Hasan Baskara, mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2014
Abu Hasan Baskara, mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2014
Untuk pertama kalinya mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) terpilih sebagai penerima beasiswa Internship di Clear Water Creato Ltd. Nagoya, Aichi-ken, Jepang. Dia adalah Abu Hasan Baskara, mahasiswa angkatan 2014 Program Studi Teknik Informatika. Pria kelahiran Lumajang ini mengungkapkan bahwa memperoleh beasiswa ke Jepang merupakan bagian dari cita-citanya. Kegemarannya berbahasa Inggris menunjang terwujudnya cita-cita tersebut. Kesempatan itu terbuka ketika dirinya bergabung sebagai anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Bahasa Inggris AIESEC UB.

Diceritakan oleh Baskara bahwa informasi mengenai kesempatan internship tersebut diperolehnya ketika menghadiri sosialisasi internship di luar negeri yang diselenggarakan oleh AIESEC UB bekerja sama dengan BEM FILKOM. Saat itu panitia berbagi banyak informasi tentang kesempatan untuk bisa melakukan internship di luar negeri dan bagi kandidat terpilih akan menjadi Global Talent Participant atau peserta student exchange.

Dari informasi yang didapat pada saat sosialisasi Baskara kemudian menghubungi contact person panitia AIESEC untuk melakukan proses bimbingan. Setelah itu kandidat harus mendaftar dengan menyertakan Curriculum Vitae, Surat ijin Orang Tua (Parent's Permission Letter), Surat Komitmen (Commitment Letter) dan Surat Motivasi (Motivation Letter). Pihak AIESEC akan memeriksa segala kelengkapan dan kelayakan data. Setelah terpenuhi kandidat dapat mengikuti tahap wawancara (interview). Tahap interview terjadwal dengan AIESEC  menggunakan Bahasa Inggris. Pada interview tersebut kandidat diberikan contoh kasus dan diminta untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Setelah lolos dari tahap interview kandidat akan maju ke tahap pemilihan perusahaan.

Pada proses pemilihan perusahaan, kandidat dapat memilih perusahaan yang diminati dan diminta untuk segera menghubungi perusahaan terkait. Setelah mendapatkan balasan dari perusahaan, kandidat diminta untuk mengirimkan motivation letter. Baskara memutuskan memilih perusahaan Clear Water Creato, Ltd. yaitu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi khususnya pengembangan mobile apps. Setelah lolos tahap seleksi motivation letter, maka pihak AIESEC Jepang akan menjadwalkan interview kedua. Berbeda dengan interview pertama, pada interview kedua kandidat harus menjawab pertanyaan dari perwakilan AIESEC Jepang, dimana pertanyaan diberikan dalam bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Dari hasil interview kedua akan diusulkan kandidat terbaik untuk melakukan interview terakhir dengan presiden Creato Ltd. dan manajer AIESEC. Interview terakhir merupakan interview penentu bagi kandidat untuk diterima atau tidak dalam program beasiswa internship tersebut. Pada interview terakhir kandidat harus menunjukkan dan mempresentasikan hasil kerja berupa link website buatan sendiri.

"Saat sudah dinyatakan diterima sebagai peserta internship di Clear Water Creato Ltd. Nagoya, Aichi-ken Jepang, saya kemudian menghubungi bapak Tibyani , S.T, M.T sebagai dosen pembimbing PKL. Selain itu juga menghubungi dosen pembimbing akademik, Ketua Jurusan, Wakil Dekan I dan Dekan FILKOM UB. Program Internship ini kemudian memang dapat disetarakan dengan Praktik Kerja Lapangan FILKOM UB," ungkap Baskara.

Bagi rekannya sesama mahasiswa, Baskara berpesan agar selalu berani mengambil kesempatan positif yang ada meski terlihat sangat sulit sekalipun. Sebelum kesempatan datang sebaiknya mahasiswa telah mempersiapkan diri dengan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan skill penunjang lainnya.

"Mempersiapkan diri bisa juga dengan mengikuti kegiatan yang bermanfaat seperti bergabung dengan Lembaga Kerohanian Islam - AMD Musholla Ulul Albab FILKOM UB. Disana saya mendapatkan banyak perubahan dalam hidup. Selain itu juga mendapatkan motivasi untuk semakin giat menuntut ilmu," kata Baskara. [Baskara/Tiby/Humas UB]

 

 

 

 

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID