Prasetya Online

>

Berita UB

Mahaisiswa FIB Teliti Social Behaviour Wisata Budaya di Kampung Majapahit

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh oky_dian pada 06 Juli 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 235

Ananda Ilham Mulia (Sastra Prancis/2016), M. Yogi Arifky Z (Pendidikan Bahasa Inggris/2016) dan Isma Farikha (Sastra Inggris/2014)
Ananda Ilham Mulia (Sastra Prancis/2016), M. Yogi Arifky Z (Pendidikan Bahasa Inggris/2016) dan Isma Farikha (Sastra Inggris/2014)
Kampung Majapahit merupakan suatu kawasan desa wisata yang terletak di Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto yang memiliki ciri khas berupa rumah Majapahit berarsitektur tradisional dan dibangun dengan anggaran Rp 5,92 Miliar dari APBD Jawa Timur dan Rp 1,48 Miliar dari APBD pemerintah Mojokerto pada tahun 2014. Desa Bejijong sendiri merupakan satu dari tiga desa yang menerima pembangunan rumah terbanyak dibandingkan desa lainnya sebanyak 197 rumah. Pembangunan rumah Majapahit terbanyak ini didadasari karena banyakanya situs-situs bersejarah seperti Candi Brahu, Makam Siti Inggil, dan lain-lain. Dengan adanya keberadaan rumah Majapahit dan situs bersejarah yang dijadikan wisata ini tentu menjadi peluang bagi Desa Bejijong untuk memaksimalkan potensi pariwisata budaya yang nantinya dapat mendatangkan keuntungan bagi warga desa.

Namun dalam pelaksanaannya, pariwisata di Kampung Majapahit cenderung belum maksimal dibandingkan desa-desa wisata budaya lainnya di Indonesia seperti di Yogyakarta ataupun di Bali. Program pemerintah desa membuat paket wisata edukasi batik maupun cor kuningan yang melibatkan wisatawan secara aktif belum terealisasi dengan maksimal. Selain itu, rumah-rumah Majapahit juga masih banyak yang belum digunakan untuk apa-apa, padahal dapat difungsikan sebagai homestay, fasilitas edukasi batik, cor kuningan maupun pusat oleh-oleh.

Dengan adanya permasalahan tersebut maka tim yang terdiri dari Ananda Ilham Mulia (Sastra Prancis/2016), M. Yogi Arifky Z (Pendidikan Bahasa Inggris/2016) dan Isma Farikha (Sastra Inggris/2014) dengan dosen pembimbing Bu Siti Zurinani, M.A membuat Program Kreativitas Mahasiswa di Bidang Penelitian Sosial Humaniora.

PKM ini meneliti sari segi ilmu psikologi pariwisata tentang pola perilaku atau social behaviour masyarakat Desa Bejijong yang nantinya dapat meningkatkan pariwisata di desa tersebut. Penelitian ini berkaitan dengan bagaimana masyarakat Desa Bejijong membangun kesan dan pengemasan pariwisata yang baik sehingga wisatawan yang berkunjung akan mendapat kenangan yang baik terhadap wisata Kampung Majapahit atau yang lebih dikenal dengan sebutan citra pariwisata.

Penelitian ini penting dilakukan karena sektor pariwisata budaya merupakan sektor penting dan dapat berkembang di Indonesia. Mengingat Indonesia memiliki beraneka ragam budaya yang sedang gencar dikembangkan untuk kepentingan pariwisata. Selain itu, potensi yang ada di Desa Bejijong cukup besar namun implementasi konsep pariwisata masih belum berjalan dengan  maksimal. Dukungan dari pemerintah juga cukup bagus sehingga permasalahan yang terjadi adalah dari diri masyarakat itu sendiri.

Hasil dari penelitian ini nantinya dapat dijadikan rujukan bagi pemerintah Desa Bejijong terkait bagaimana upaya untuk meningkatkan pariwisata Kampung Majapahit didasarkan pada kendala dalam diri masyarakat itu sendiri. Sehingga, nantinya keberadaan Kampung Majapahit akan mendapat partisipasi aktif dari masyarakat dan pemerintah desa dan dalam jangka panjang selanjutnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar. Hal terasebut berkaitan erat dengan terwujudnya program nomor delapan Sustainable Development Goals tentang pengembangan pariwisata yang mempromosikan produk lokal dan budaya.

 

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID