Prasetya Online

>

Berita UB

Magestyc Aplikasi Permudah Pendaftaran Siswa Baru Raih Bronze Medal di InIIC

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh dinaoktavia pada 05 Juli 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 211

Faza Ainun Nafisah  dan Ain Nur Annisa
Faza Ainun Nafisah dan Ain Nur Annisa
Mahasiswa Proram Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) meraih Bronze Medal dalam International Invention and Innovative Competition (InIIC) 2018 di Kuala Lumpur (12/5/2018). Mereka adalah Jawara Wahyu Al Faraday (2014), Faza Ainun Nafisah (2016) dan Ain Nur Annisa (2016).

Dalam kompetisi internasional tersebut mereka mengangkat karyanya yang diberi nama Magestyc yaitu singkatan dari Management Information System Academic. Dijelaskan oleh Jawara bahwa Magestyc dikembangkan guna mengatasi inefisiensi penyebarluasan infomasi tentang sekolah sebagai instansi pendidikan baik dari segi biaya, waktu maupun tenaga. Seperti diketahui hingga saat ini kebanyakan sekolah di Indonesia masih menerapkan cara konvensional dalam penyebarluasan informasi. Kebanyakan informasi masih ditempel di papan pengumuman. Selain itu surat dan undangan masih digunakan untuk menyampaikan informasi kepada orang tua siswa. Proses pendaftaran siswa barupun masih dilakukan secara manual dengan mengambil formulir ke lokasi untuk diisi, kemudian mengisi berkas dan melengkapi dokumen dan harus diserahkan kembali ke sekolah bersangkutan untuk diseleksi.

Sama halnya dengan proses evaluasi/penilaian, siswa harus menunggu penerimaan raport terlebih dahulu untuk melihat semua nilai dari berbagai mata pelajaran yang telah ditempuh.

Sebagai solusi atas permasalahan inefisiensi ini Magestyc dibuat sedemikian rupa dengan fitur andalan meliputi fitur pendaftaran siswa baru, raport online dan perekapan data siswa. Dengan sistem yang terintegrasi maka Magestyc akan mempermudah pihak sekolah dalam menyebarkan informasi, mengelola pendaftaran siswa baru dan rekap penilaian. Bagi pihak orang tua maupun siswa juga akan sangat terbantu karena dapat melakukan pendaftaran siswa baru secara online dimana saja dan kapan saja. Selain itu siswa dan orang tua juga bisa memantau nilai akademiknya tanpa harus menunggu pembagian raport terlebih dahulu.

Pembuatan Magestyc ini dilakukan Jawara beserta tim dibawah bimbingan salah satu dosen FILKOM yaitu Dr. Eng Herman Tolle, S.T., M.T. Dalam kompetisi InIIC terdapat tiga kategori yang dikompetisikan yaitu Kategori A untuk profesional, Kategori B untuk mahasiswa/ higher institution dan Kategori C untuk Siswa/ School. Sebelum terpilih menjadi finalis dalam InIIC 2018, para peserta harus terlebih dahulu mengirimkan proposal yang akan diseleksi. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi proposal akan menerima letter of acceptance dan berhak maju ke babak final memperebutkan empat juara meliputi Diamond Medal, Gold Medal, Silver Medal dan Bronze Medal.[*/Humas UB]

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID