Prasetya Online

>

Berita UB

Maba FPIK UB Sterilkan Pantai Sendang Biru

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh dimaspam pada 20 Agustus 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 148

Mahasiswa Baru FPIK UB mengambil sampah yang berserakan di pantai Sendangbiru
Mahasiswa Baru FPIK UB mengambil sampah yang berserakan di pantai Sendangbiru
Bentuk cinta maritim di wilayah Republik Indonesia sebanyak 239 Mahasiswa Baru FPIK UB mensterilkan sampah di kawasan pantai Sendang Biru Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang sekaligus mensukseskan Aksi Nasional “Menghadap Laut” yang merupakan porgram dari Menteri Kelautan dan Perairan RI  Susi Pudjiastuti yang dilaksanakan serentak di 73 titik kawasan pesisir pantai di seluruh Indonesia, Minggu (19/08/2018).

Kegiatan bersih-bersih sampah di sekitar pantai oleh Maba FPIK UB diambil dari ide Komunitas Pandu Laut Nusantara yang digagas Ibu Susi Pudjiastuti dimana tujuan komunitas tersebut adalah mereduksi ancaman pencemaran laut dengan membersihkan sampah yang ada di pantai khusunya sampah plastik yang sangat sulit diurai oleh bakteri.

Setelah “mensterilkan” 6,2 hektar di area pantai Sendangbiru, telah terkumpul  sampah sebanyak 514, 03 kg dengan rincian sampah plastik 107,62 kg, sampah kaca 49,24 kg, sampah sedotan 108,74 kg, sampah jaring 55,35 kg, sampah lainnya 193,08 kg termasuk di dalamnya oli bekas yang mencemari bibir pantai sebanyak 2 plastik besar.

Dhira Kurniawan Saputra, MSc selaku Wakil Koordinator kegiatan ini berharap kepada MABA FPIK  agar lebih berperan aktif dalam upaya mengurangi sampah di areal pantai dan laut karena dua hal tersebut merupakan “the only hope” yang tersisa di negeri ini untuk mendongkrak perekonomian setelah di sektor agraris mengalami kemerosotan.

Selain acara bersih bersih pantai juga dilaksanakan seremoni upacara menghadap laut. Upacara yang dipimpin oleh Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, MS mengajak seluruh peserta baik jajaran pimpinan universitas maupun MABA FPIK UB untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan menghadap ke arah laut tepatnya di Selat Sempu yang menegaskan bahwa kita harus berintegritas untuk menjaga dan melestarikan kebersihan laut Indonesia.

“Menurut Bu Susi (Pudjiastuti) negara kita ini merupakan negara maritim terbesar kedua di dunia jadi kita sebagai anak bangsa harus mencintai laut kita serta kepada mahasiswa FPIK UB khususnya untuk menggali potensi laut yang selama ini belum maksimal,” Kata Prof. Nuhfil.[dimas/Humas UB]Jajaran Pimpinan UB melaksanakan seremoni Menghadap ke Laut
Jajaran Pimpinan UB melaksanakan seremoni Menghadap ke Laut

 

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID