Prasetya Online

>

Berita UB

Lulusan UB Harus Berkemampuan Entrepreneur

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh humas3 pada 28 Februari 2014 | Komentar : 0 | Dilihat : 3582

Universitas Brawijaya (UB) meluluskan 1.080 wisudawan/wati pada Sabtu (1/3) di Gedung Samantha Krida (Sakri). Prosesi wisuda program pascasarjana, sarjana dan vokasi periode V tahun akademik 2013/2014 dipimpin oleh Rektor Prof Dr Ir Yogi Sugito.

Dalam pidatonya di hadapan wisudawan, Rektor UB Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito berpesan agar setiap lulusan bisa menciptakan lapangan kerja dan bukan sebagai pencari kerja. Sebagai seorang entrepreneur, Rektor UB juga berpesan agar para lulusan tidak hanya berjiwa entrepreneur, namun lebih dari itu mempunyai kemampuan sebagai entrepreneur.

"Lulusan UB, diharapkan tidak hanya sebagai pencari kerja, namun juga ada yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain,"kata Rektor UB.

Sementara itu berbicara mengenai kualitas lulusan, Rektor UB Prof. Dr. Ir Yogi Sugito dalam sambutannya mengatakan kepada setiap lulusan untuk tidak hanya membekali diri dengan kemampuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) namun juga keterampilan hidup yang lain. Seperti, kemampuan komunikasi secara global, wawasan yang luas, kemandirian dan kemampuan bermasyarakat. Sehingga setelah lulus, setiap alumni dapat diterima di masyarakat dengan baik dan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat yang saat ini sedang membangun.

"Sebagai pelopor dan penggerak pembangunan di negeri ini. Saudara harus mempersiapkan diri dengan baik, agar kehadiran Saudara ditengah-tengah masyarakat dapat diterima dengan baik pula dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang sedang membangun ini,"kata Yogi Sugito.

Wisudawan terbaik dengan parameter Indeks Prestasi Kumulatif  (IPK) tertinggi dan masa studi tercepat pada masing-masing jenjang diraih oleh Fitri Rofiyarti, S.S (Fakultas Ilmu Budaya), Megawati Candra, S.H (Fakultas Hukum), Rully Kusumawardani, S.E (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Fatin Nuha Astini, S.AP (Fakultas Ilmu Administrasi), Vifi Nurul Choirina, S.P (Fakultas Pertanian), Heldy Oktavia, S.Pt (Fakultas Peternakan), Gigih Pungky I, S.T (Fakultas Teknik), dr. Zulvikar Syambani Ulhaq, S.Ked (Fakultas Kedokteran), Faridz Rizal Fachri, S.Kel (Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan), Faizal Ade Rahmahuddin A., S.Si (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) Efendi Oulan Gustav Hakim Nata Buana, S.TP (Fakultas Teknologi Pertanian), Istiqomah Yungsiana, S.Psi (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Anisa Aini Arifin, S.Kom (Fakultas Ilmu Budaya), Wakhidatus Inrya, S.KH (Program Studi Kedokteran Hewan), Ima Sholikhati, S.T, M.T (Program Magister), Dr. M. Rifqinizamy, S.H, L.L.M (Program Doktor), dan terakhir adalah Sutrisno, AMd (Program Vokasi).

Mahasiswa Bidik Misi Penuh Prestasi

UB adalah perguruan tinggi negeri yang diperuntukkan bagi seluruh rakyat Indonesia. Tidak ada alasan bagi masyarakat, tidak bisa kuliah di UB karena tidak memiliki biaya. Dalam hal pembiayaan, berbagai cara telah ditawarkan kepada masyarakat guna memenuhi keinginan besar mereka untuk menempuh studi di UB. Salah Satunya adalah pemberian beasiswa.

Pada wisuda kali ini terdapat enam mahasiswa penerima beasiswa bidik misi UB angkatan 2010. Keenamnya adalah mahasiswa bidikmisi dengan predikat cumlaude dan merupakan lulusan pertama terbaik UB. Mereka adalah Fitri Rofiyarti dari FIB Program Studi Bahasa dan Sastra Perancis yang meraih IPK 4,0. Kemudian Trias Desy Aristanty juga dari FIB, Fatin Nuha Astini dari FIA, Elwin dari FTP, Faisal Ade Rahmahuddin Abdullah dari FMIPA dan Angga Erlando dari FEB.

Bukan hanya dibidang akademik, mereka juga memiliki prestasi yang membanggakan di bidang non akademik. Sebagai contoh Angga Erlando yang punya prestasi diantaranya sebagai delegasi student exchange antara UB dan Universitas Hiroshima tahun 2013, peraih medali emas Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-26 (PIMNAS XXVI) di Mataram, Juara 1 Lomba Rancang Pabrik Tingkat Nasional ke-12 kategori essay yang diselenggarakan di ITB Bandung dan masih banyak lagi prestasi lainnya.[ponda]

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID