Prasetya Online

>

Berita UB

Lestarikan Batik Mahasiswa Fapet Buat Kipas Bulu Ayam

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh dietodita pada 05 Juni 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 254

Kipas Bulu Ayam
Kipas Bulu Ayam
Batik merupakan salah satu warisan budaya bangsa Indonesia yang sudah dikenal di seluruh dunia. Corak dan ciri khasnya dinilai sebagai ikon budaya yang mencerminkan kekayaan budaya nasional. Pada era modern seperti sekarang inovasi batik sangat beragam, salah satunya kipas buatan mahasiswa Fakultas Peternakan (Fapet) UB.

Tim yang terdiri dari Agus Wijaya (2015), Agung Firnando Putra (2014), Lanny Julistian Anggraini (2014), Wahyu Alif Faizin (2016), Tangguh Rizal Asakof (2016) menciptakan "BUTIK",  yaitu kipas batik motif ternak berbahan dasar limbah bulu ayam.https://prasetya.ub.ac.id/cmsub/javascript/tiny_mce/plugins/pagebreak/img/trans.gif
https://prasetya.ub.ac.id/cmsub/javascript/tiny_mce/plugins/pagebreak/img/trans.gif

Menurut ketua tim, Agung Firnando, konsumsi daging ayam masyarakat Indonesia tiap tahunnya semakin meningkat. Tingginya konsumsi daging ayam tersebut menghasilkan limbah bulu yang melimpah.

Bahan baku limbah bulu ayam didapat dari salah satu rumah potong ayam di Kelurahan Lowokwaru - Malang. Produk Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM K) ini dibandrol  sebesar Rp 15.000,-.

Dibimbing Dr. Agus Budiarto, tujuan pembuatan kipas ini ialah untuk mengurangi pencemaran lingkungan dari limbah bulu ayam yang berdampak negatif bagi kehidupan manusia. Selain itu sebagai upaya pelestarian batik bermotif ternak. [dta/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID