Prasetya Online

>

Berita UB

Lagi, Mahasiswa FTP Raih Medali di Malaysia

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaftp pada 15 April 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 1447

Mahasiswa FTP UBListy Laura Boru Simamora, Hana Luthfiyana dan Trisha Artha Sitorus
Mahasiswa FTP UBListy Laura Boru Simamora, Hana Luthfiyana dan Trisha Artha Sitorus
Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) kembali mengharumkan almamater di kancah internasional. Dalam event 5th International Biotechnology Competition and Exhibition yang digelar di University Teknologi Malaysia Malaysia (5/4-6/4/2019) yang diikuti 40 tim se ASEAN, mereka berhasil meraih medali sebagai juara dua untuk kategori green building/green product.

Tim mahasiswa FTP tersebut adalah Listy Laura Boru Simamora, Hana Luthfiyana dan Trisha Artha Sitorus, ketiganya dari PS Teknik Lingkungan angkatan 2016. Listy dan kawan kawan berhasil meraih juara dua atas inovasinya yang berjudul "BIOWAROYA , Biofood wrap from nata de soya for fast food industry to achieve green and sustainable world".

Dipaparkan Listy bahwa BIOWAROYA merupakan bioplastik berbahan limbah whey tahu sebagai salah satu bentuk penanganan limbah guna pelestarian lingkungan.

"Kami sengaja membuat BIOWAROYA ini dengan dua tujuan. Pertama untuk mengurangi penggunaan plastik pada bumbu makanan siap saji, kedua penanggulangan pencemaran sungai akibat pembuangan limbah whey oleh para produsen tahu. Limbah whey inilah yang kami olah untuk dijadikan bioplastik wrap. Nah, wrap ini ditujukan untuk seasoning di instant fast food.  Seperti misalnya pada bumbu mie instan.  Dengan BIOWAROYA, penggunaan plastik dalam industri makanan siap saji akan berkurang. Selain itu juga air sungai dapat lebih bersih karena limbah whey-nya tidak dibuang begitu saja. Sehingga BIOWAROYA dapat menjadi solusi bagi penggunaan plastik maupun pencemaran air dan lingkungan,"katanya. (dse)

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID