Prasetya Online

>

UB News

Laboratorium Pilot Plant FTP UB Beri Pelatihan Produk Pangan

Print version PDF version RTF version
Submit by phonda_85 on November 22, 2016 | Comment(s) : 0 | View : 1966

Pelatihan di Laboratorium Pilot Plan
Pelatihan di Laboratorium Pilot Plan
Sebanyak 60 Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) mengikuti pelatihan produk yang digelar di laboratorium pilot plant Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB) selama tiga hari, yakni pada tanggal 15,16, dan 21 November 2016. Dalam kegiatan tersebut para peserta memperoleh keterampilan pengolahan pangan dan materi motivasi wirausaha.

http://prasetya.ub.ac.id/cmsub/javascript/tiny_mce/plugins/pagebreak/img/trans.gif
http://prasetya.ub.ac.id/cmsub/javascript/tiny_mce/plugins/pagebreak/img/trans.gif
Agenda yang digagas berkat kerjasama Laboratorium Pilot Plant FTP UB dengan Bapemas  Provinsi Jawa Timur  ini diikuti peserta yang berasal dari empat kabupaten yakni Malang, Tuban, Kediri, dan Probolinggo.

Menurut kepala laboratorium pilot plant, Dodyk Pranowo, acara ini merupakan kelanjutan dari pelatihan sebelumnya yang telah digelar Juni silam. 

"Kegiatan kali ini diikuti lebih banyak peserta dan ragam pelatihan dari segi produk yang kami berikan juga jauh lebih variatif," kata Dodyk.

Rangkaian pelatihan yang didukung oleh Agroindustrial Business Entrepreneur Centre (ABEC) FTP UB dan Spora Enterprise ini diikuti lebih dari 60 peserta. Pada tanggal 15 November acara diikuti oleh 14 peserta dari Tuban dan 6 peserta dari Malang. Sehari setelahnya, agenda diikuti 15 peserta dari Kediri dan 5 peserta dari Malang. Terakhir, pada 21 November diikuti oleh 16 peserta dari Probolinggo dan 4 peserta dari Malang.

Selama tiga hari, para peserta diberi pelatihan membuat aneka produk olahan pangan berupa kue maupun minuman. Di antara produk-produk yang mereka pelajari dan praktikkan pembuatannya adalah kukis, brownies, tortilla jagung, kue berbahan tepung singkong, sari kedelai, dan aneka jamu.

Selain membuat produknya, peserta juga diperkenalkan tata cara mengemas produk. Pengetahuan pengemasan ini dipandang perlu disampaikan agar mereka memahami pentingnya teknik branding atas produk yang mereka buat.

Koordinator Pendamping Program para KRTP Bakti Riza Hidayat mengaku terkesan dengan pelatihan semacam ini. Menurutnya, selain penting untuk menambah keterampilan ibu-ibu kepala rumah tangga, kegiatan tersebut juga bisa menumbuhkan motivasi untuk berwirausaha.

"Saya antusias mengajak para peserta ke agenda seperti ini. Harapan saya, sepulang dari pelatihan para peserta tidak saja termotivasi untuk mengasah keterampilan membuat produk, tetapi juga mencoba untuk berwirausaha," kata Bakti Riza Hidayat.

Melatih Wong Cilik

Senada dengan Bakti, Dodyk mengatakan pelatihan-pelatihan produk semacam ini potensial merangsang kreativitas ibu-ibu rumah tangga yang sebenarnya cukup berpotensi menjadi pelaku usaha kecil. Dia berpendapat dunia kampus memang sewajarnya turut serta membekali kelompok masyarakat kurang mampu dengan keterampilan yang tidak saja tepat guna tetapi juga memiliki nilai ekonomi.

"Sebagai bentuk sumbangsih kami di Universitas Brawijaya, kami membuka kesempatan bagi masyarakat umum, khususnya wong cilik yang ingin memperoleh keterampilan, khususnya pengolahan pangan dan teknologi tepat guna lainnya," ujar Dodyk.

Dodik mengundang instansi-instansi baik di pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota di lingkungan provinsi Jawa Timur untuk mengirim calon peserta pelatihan. "Khususnya kepada mereka yang kurang mampu dan serius ingin memiliki keterampilan, kami tidak saja akan memberikan pelatihan, tetapi juga siap mendampingi mereka berwirausaha,"katanya.

Ke depan, agenda pelatihan keterampilan dan manajemen pengolahan pangan masih akan terus dilaksanakan bekerjasama dengan laboratorium pilot plant FTP UB,ABEC, dan Spora Enterprise. ABEC merupakan inkubator bisnis milik Jurusan Teknologi Industri Pertanian FTP UB yang kegiatannya berfokus pada pengembangan aktifitas wirausaha agroindustri. Sedangkan Spora adalah lembaga yang berorientasi pada kemitraan di bidang sosial entrepreneurship.[ponda/fajar/Humas UB]

 

Related Article

Comments

Send your comment

Use ID