Prasetya Online

>

Berita UB

Laban electric Masuk Buku 103 Inovasi Terbaik Indonesia 2011

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh humas3 pada 09 Agustus 2011 | Komentar : 0 | Dilihat : 7875

Hadi Apriliawan
Hadi Apriliawan
Alat pasteurisasi kejut listrik tegangan tinggi yang diberi nama Laban electric rancangan Hadi Apriliawan berhasil masuk buku 103 Inovasi Terbaik Indonesia 2011. Buku ini diterbitkan oleh Business Innovation Centre Indonesia dengan dukungan Kementerian Riset dan Teknologi dan Inotek. Diwawancarai PRASETYA Online kemarin (8/8), Hadi menerangkan bahwa laban electric adalah alat pasteurisasi susu kejut listrik tegangan tinggi menggunakan flyback transformer yang mampu membunuh bakteri dalam susu tanpa merusak kandungan gizi didalamnya. "Kandungan mikroorganisme dalam susu cair dapat berkembang dengan cepat sehingga menyebabkan kerusakan saat penyimpanan dan berakibat fatal bagi yang mengkonsumsi", kata Hadi. Dengan menggunakan alat ini, maka umur simpan susu menjadi lebih lama karena kemampuannya membunuh bakteri seperti salmonella, enterobacter sakazakii, coliform, dan e-coli.

Selain susu cair, laban electric juga dapat dimanfaatkan pada produk cair lain diantaranya yoghurt, keju cair, jus dan sirup. Dibanding pasteurisasi menggunakan UHT, alat ini memiliki keunggulan membunuh bakteri secara permanen. "Pada pasteurisasi menggunakan UHT, sebagian bakteri belum terbunuh karena sifatnya hanya menidurkan (dormansi)", ia melanjutkan.

Keunggulan inovasi Hadi beserta Veri Andriawan dan Farizqi B.P ini adalah menggunakan bahan produksi yang sederhana. Salah satunya adalah spare part TV tabung untuk pembangkit pulsa tegangan tinggi. Selain itu, harga jualnya juga lebih murah dibanding alat pasteurisasi yang sudah ada. [nok]

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID