Prasetya Online

>

Berita UB

LSIH Beri Ilmu Basic Flourescence Staining Pada Para Laboran

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh dimaspam pada 24 Februari 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 1042

Para peserta dan panitia Workshop Basic Flourescence and Sample Preparation
Para peserta dan panitia Workshop Basic Flourescence and Sample Preparation
Sebanyak 50 akademisi dan laboran dari berbagai Universitas maupun Instansi hadir untuk mengikuti Workshop Basic Fluorescence and Sample Preparation yang diselenggarakan Laboratorium Sentral Ilmu Hayati (LSIH) (23-24/02/2017) di Gedung LSIH lantai 3. Kegiatan tersebut diadakan karena masih sedikitnya pengetahuan metode staining menggunakan bahan Fluorescence pada sampel bakteri oleh laboran di Indonesia.

Direktur LSIH Prof. Ir. Yenny Risjani, DEA Ph.D  mengatakan metode penggunaan bahan Fluorescene pada bakteri di negara lain bukan hal yang baru sedangkan di Indonesia tidak banyak yang mengetahui karena sarana prasana laboratorium yang ada di Indonesia masih kalah modern dan lengkap dibanding negara lain.

WR IV Dr. Ir. Moch. Sasmito Djati, MS juga mengatakan meskipun teknik dan instrumen saat ini sudah sangat canggih tetapi orang dibelakang mesin lah yang sangat berpengaruh terhadap hasil penelitian.

"Dengan workshop ini saya berharap kepada peserta untuk meningkatkan skill mereka tentang Staining menggunakan Fluorescence karena secanggih apapun instrumen apabila man behind the instrumen tidaklah serius dan cakap akan sia-sia hasil penelitian itu," ujar Dr. Sasmito Djati.

Metode staining menggunakan bahan Fluorescene pada bakteri menurut laboran di laboratorium Bio Imaging KJF Nano Molecullar and Cellular Biology LSIH Choirunil Chotimah, M.Si ternyata banyak memberikan keuntungan dibanding teknik konvensional. Semisal pada teknik Fluorescence bisa didapat data yang lebih valid dan lebih banyak daripada teknik biasa serta bisa memunculkan warna baik merah maupun hijau tergantung zat aditif yang ditambahkan sedangkan pada teknik konvensional hanya hitam putih saja.

Workshop kerjasama dengan PT. Fajar Mas Murni ini merupakan rentetan kegiatan rutin yang dilaksanakan LSIH untuk meningkatkan kualitas para laboran baik di institusi maupun universitas dalam memaksimalkan hasil penelitian yang dilakukan.[dimas/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID