Prasetya Online

>

Berita UB

Kursus Intensif Bahasa Arab

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 06 Juni 2005 | Komentar : 0 | Dilihat : 7264

Menanggapi animo dosen, karyawan, maupun mahasiswa, khususnya Universitas Brawijaya, serta masyarakat luar pada umumnya, Program Diploma III Bahasa Arab Universitas Brawijaya membuka "Brawijaya Arabic Intensive Course" (Daurah Brawijaya Lil-Arabiyah Al-Maktsafah). Kursus intensif bahasa Arab ini meliputi 3 program, yakni: kursus bahasa Arab (menyimak, berbicara, membaca, menulis), kursus khat (kaligrafi), dan kursus khatib Jumat. Pendaftaran dibuka mulai awal bulan Juni.
Hal ini dikemukakan oleh Sekretaris Program Diploma III Bahasa Arab Universitas Brawijaya, Drs. M. Subkhy Harbi MAg di ruang kerjanya, Senin (6/6).
Subkhy menjelaskan bahwa kursus ini terbagi menjadi tiga kelas yaitu kelas bahasa Arab, Khat (Kaligrafi), dan Khatib Jum'at.Masing-masing terbagi dalam tiga level/skill, mulai level paling dasar (basic), lanjutan (intermediete), sampai ahli (advance).
"Tujuan pembagian kelas dan level yang berbeda ini agar peserta dapat memilih kelas yang sesuai dengan keinginan dan kemampuannya dalam bahasa Arab. Mengingat tidak semua orang ingin belajar bahasa Arab seperti memahami percakapan, tanya jawab, membaca, dan menulis saja. Ada juga orang yang kurang suka mempelajari bahasa Arab, tetapi lebih suka menulis khat/kaligrafi, atau ingin menjadi khatib yang representatif saja", ujarnya.
Tenaga pengajar D-III Bahasa Arab ini juga mengungkapkan waktu kursus relatif singkat, yaitu 24 kali pertemuan dalam tiga bulan, atau sebanyak dua kali seminggu dengan durasi waktu 90 menit. Kursus diadakan setiap hari Sabtu dan Minggu atau disesuaikan dengan keinginan peserta dan diadakan di ruang kelas D-III Bahasa Arab Unibrawa. Setiap kelas minimal 7 orang dan maksimal 10 orang. Tenaga pengajar kursus ini adalah para dosen Unibraw, Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Islam Negeri Malang (UIN) yang berkualitas.
Kursus dilaksanakan dalam empat periode. Periode I bulan Januari-Maret, periode II bulan April-Juni, periode III pada Juli-September, dan periode IV bulan Oktober-Desember.
Sampai saat ini sudah ada puluhan orang yang berminat untuk mendaftar kursus, baik dari kalangan sivitas akademika Universitas Brawijaya maupun dari luar. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kursus ini, dapat dihubungi: Kantor Program Diploma III Bahasa Arab (Kantor Pusat Lama, Lantai I) Jl. Veteran Malang, telepon (0341) 551611 Psw 129 atau HP 08123313983, 0811360361, dan 081334712016. [nia]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID