Prasetya Online

>

Berita UB

Kurangi Emisi, UB Gelar Car Free Day

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh ronnysetiantoko pada 13 November 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 163

Rektor UB Prof. Bisri bersama pimpinan dan mahasiswa UB bersepeda mengelilingi kampus dalam kegiatan CFD UB
Rektor UB Prof. Bisri bersama pimpinan dan mahasiswa UB bersepeda mengelilingi kampus dalam kegiatan CFD UB
Jumlah kendaraan yang ada di Universitas Brawijaya sangat banyak. Dalam suatu kajian diketahui volume kendaraan dalam kampus UB tercatat sebanyak 173.328 kendaraan. Dengan volume kendaraan yang cukup besar tersebut tentunya emisi serta tingkat polusi yang tinggi di UB mengakibatkan  kualitas udara yang ada di UB juga buruk. Oleh karena itu, untuk mengurangi emisi serta mematik kesadaran terhadap lingkungan, Eksekutif Mahasiswa UB bekerja sama dengan Rektorat pada Jumat (10/11/2017) mengadakan kegiatan Car Free Day di lingkungan UB.

Staf Ahli Sosma EM UB Budi Sulistya menjelaskan bahwa kegiatan Car Free Day (CFD) dilakukan sebagai bentuk penyadaran bahwa menjaga lingkungan adalah salah satu upaya untuk mendukung program pengembangan Green Campus Universitas Brawijaya.

"CFD sebagai bentuk penyadaran lingkungan bagi teman - teman di Brawijaya. Saya melihat teman-teman disini masih kurang peka terhadap lingkungan dan kegiatan-kegiatan yang berbasis lingkungan di UB ini juga saya rasa masih kurang. Dengan adanya CFD ini, sebenarnya membantu pihak Rektorat dalam pengembangan green campus-nya dimana dengan adanya CFD ini kita terbebas dari kendaraan bermotor dan juga mengurangi polusi yang ada di Brawijaya, " ujar Budi.

Rencananya setiap hari jumat pada tiap bulannya akan diadakan CFD. "Harapannya dengan tidak adanya kendaraan bermotor di UB pada hari jumat setiap bulannya setidaknya bisa membawa udara segar ke UB," pungkasnya.

Sedangkan Rektor UB Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS., menjelaskan bahwa CFD sudah cukup lama direncanakan sebagai gerakan moral dalam menjaga lingkungan kampus UB dan berharap semua komponen mahasiswa, dosen, karyawan serta para pimpinan bisa ikut turut serta dalam melaksankan gerakan ini sehingga menjadi gerakan nyata untuk menjaga lingkungan UB lewat CFD yang dilaksanakan beberapa kali disetiap bulannya. [ronny/Humas UB]

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID