Prasetya Online

>

Berita UB

Kunjungan Studi Banding Prodi Teknik Informatika Universitas Trunojoyo

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaPTIIK pada 27 Juli 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 409

Dekan FIlkom menerima kunjungan delegasi Unijoyo
Dekan FIlkom menerima kunjungan delegasi Unijoyo
Bertujuan melakukan studi banding, pimpinan beserta tenaga pengajar Program Studi Teknik Informatika Universitas Trunojoyo Madura (Unijoyo) mengunjungi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada Jumat (21/07/2017). Achmad Jauhari, Kaprodi S1 Teknik Informatika Unijoyo beserta tim diterima dengan baik oleh Dekan FILKOM UB Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D. dan jajaran pimpinan FILKOM serta Kaprodi, Sekprodi dan Ketua Unit Gugus Jamin Mutu (GJM) FILKOM.

Dalam sambutannya Achmad Jauhari menyampaikan bahwa FILKOM dipilih menjadi tujuan studi banding karena FILKOM dinilai dalam waktu singkat dapat bertumbuh dengan cepat baik dari segi jumlah peminat, mahasiswa, raihan prestasi maupun sarana prasarana penunjang pembelajaran. Oleh karenanya Prodi Teknik Informatika Unijoyo ingin menimba ilmu mengenai strategi untuk menumbuhkembangkan suatu program studi atau fakultas secara optimal. Saat ini Teknik Informatika di Unijoyo merupakan salah satu program studi yang berada dibawah naungan Fakultas Teknik. Adapun bidang minat yang ditawarkan meliputi (1) sistem terdistribusi, (2) sistem informasi dan rekayasa perangkat lunak, (3) komputasi dan sistem cerdas serta (4) sistem multimedia.

Sementara itu FILKOM resmi menjadi fakultas sejak tahun 2016 lalu. FILKOM menjadi fakultas ke-15 dari total 15 fakultas di UB. Hingga saat ini FILKOM memiliki 5.000 mahasiswa dengan rata-rata penerimaan mahasiswa baru per tahunnya mencapai 1.000 orang. Meski demikian untuk optimalisasi pelayanan, maka sesuai dengan instruksi dari Rektor UB jumlah penerimaan mahasiswa pada tahun 2017 diturunkan pada angka 750 orang. Gambaran umum mengenai FILKOM ini disampaikan oleh Dekan FILKOM Wayan F. Mahmudy yang kemudian dijelaskan lebih detil oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom.

"Jujur perkembangan FILKOM yang pesat tidak terlepas dari nama UB yang menempel pada FILKOM. Mengingat UB selalu berada di peringkat 4 atau 5 universitas terbaik di Indonesia. Hal ini menarik minat dan kepercayaan masyarakat untuk menimba ilmu di UB," jelas Wayan.

Selain itu FILKOM juga berbagi informasi mengenai sistem penjaminan mutu layanan pendidikan yang dalam kesempatan tersebut disampaikan oleh Rekyan Regasari Mardi Putri, S.T, M.T selaku Ketua Gugus Jamin Mutu (GJM) FILKOM. Dijelaskan bahwa segala sesuatu terkait penjaminan mutu di FILKOM sebenarnya sebagian besar telah dikoordinir oleh Unit Penjaminan Mutu UB, mengingat FILKOM merupakan salah satu fakultas di UB. Setiap setahun sekali PJM akan menyelenggarakan Audit Internal Mutu (AIM) di setiap fakultas dan unit kerja di UB. Selain itu pihak fakultas sendiri juga melakukan audit internal pada program studi yang ada secara rutin tiga kali dalam setahun.

"Penjaminan mutu ini sangat penting untuk menjaga kualitas layanan pendidikan. Perlu diingat dan dipahami bahwa penjaminan mutu tidak hanya berarti mempersiapkan borang akreditasi, tapi lebih pada melakukan evaluasi terhadap segala sesuatu yang telah dilaksanakan. Untuk kemudian hasilnya digunakan sebagai rekomendasi dalam pengambilan keputusan selanjutnya," jelas Rekyan.

Kunjungan tersebut kemudian dilanjutkan dengan diskusi menarik mengenai berbagai pertanyaan yang disampaikan oleh perwakilan Prodi S1 Teknik Informatika Unijoyo. Diharapkan pertemuan antara dua institusi pendidikan ini dapat memberikan manfaat besar bagi kedua belah pihak, sehingga kemudian dapat menjadi pendorong perkembangan pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik. [Humas Filkom/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID