Prasetya Online

>

Berita UB

Kunjungan SMAN 1 Kediri

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh humas3 pada 04 Februari 2012 | Komentar : 0 | Dilihat : 9479

Siswa kelas IX SMAN 1 Kediri
Siswa kelas IX SMAN 1 Kediri
Sebanyak 59 Siswa kelas XI SMAN 1 Kediri pada Jumat (3/2)  berkunjung ke Universitas Brawijaya (UB) dalam rangka Studi Perguruan Tinggi. Kunjungan dipimpin oleh Guru Biologi, Drs. Nyoto Pujiadi dan lima guru pendamping. Kunjungan disambut langsung oleh Edy Suyanto dari Tim Promosi dan Sosialisasi UB di gedung Widyaloka lantai 2. Pada sambutannya, Drs. Nyoto menyampaikan kegiatan studi perguruan tinggi ini adalah kegiatan tahunan yang dilakukan SMAN 1 Kediri dengan tujuan untuk mengetahui proses seleksi Mahasiswa Baru di UB. “Dengan kunjungan ini semoga bisa menambah wawasan dan motivasi kepada para siswa untuk melanjutkan studi,” ungkapnya.

Drs. Nyoto juga menyampaikan kerjasama antara SMAN 1 Kediri dan UB sudah lama terjalin sangat baik, seperti penerimaan mahasiswa UB cabang kediri, SMAN 1 Kediri turut bekerjasama dengan UB.

Sementara itu Dedy Gusra, SAg, yang berkesempatan hadir dalam kunjungan tersebut menyampaikan tentang profil UB. Mulai dari fakultas yang ada sampai sebaran mahasiswa. UB saat ini memiliki 44 ribu mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah. Dedy mengungkapkan mahasiswa yang berasal dari luar Jawa Timur paling banyak dari Jakarta, Kalimantan Timur dan Nusa Tenggara. “Ada juga mahasiswa yang berasal dari luar negeri dan saat ini paling banyak dari negara Libya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Dedy mengingatkan kepada siswa, apabila ingin memilih jurusan harus berdasarkan keinginan pribadi bukan mengikuti pilihan teman. Dalam memilih jurusan juga perlu mempertimbangkan jurusan di SMA. Ia mencontohkan untuk masuk Fakultas Kedokteran tidak disarankan kelas IPS untuk memilih jurusan ini. Karena banyak mata kuliah dasar adalah IPA.

Sedangkan untuk Seleksi Masuk UB ada beberapa kategori yang bisa diikuti yaitu melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Jalur Nasional terdiri dari SNMPTN Jalur Undangan, PSB Non Akademik dan Jalur Ujian Tulis.

Dedy menyampaikan untuk mengikuti SNMPTN jalur undangan siswa harus memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten pada semester tiga, empat dan lima. “Nilai konsisten adalah nilai yang setiap semesternya mengalami kenaikan atau tetap bukan menurun,” tegasnya. Lebih lengkap untuk melihat jalur masuk UB bisa langsung melihat website SELMA.[by Rian Piarna]

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID