Prasetya Online

>

Berita UB

Kunjungan Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis ke Institut Francais d'Indonesie Surabaya

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyafib pada 30 Juli 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 1495

Kunjungan Program Studi Bahasa dan Sastra Perancis ke Institut Francais Surabaya
Kunjungan Program Studi Bahasa dan Sastra Perancis ke Institut Francais Surabaya

Untuk yang kesekian kalinya, Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) berkunjung ke Institut Français d'Indonesie Surabaya atau yang biasa disebut dengan IFI Surabaya.  Institut Français adalah pusat bahasa resmi Republik Prancis. Ia memiliki beberapa cabang di beberapa kota. Sementara, di Jawa Timur hanya ada di Kota Surabaya.

IFI membuka kursus Bahasa Prancis untuk umum. Dengan mengikuti kursus bahasa Prancis di IFI, peserta akan mendapatkan pelatihan bahasa yang berstandar internasional. Tujuan dan materi pembelajaan berlandaskan Kerangka Acuan Bersama Eropa untuk Bahasa (Cadre Européen Commun de Référence pour les Langues/CECRL) yang merumuskan kompetensi-kompetensi kebahasaan untuk pembelajaran bahasa asing: pemahaman mendengar, kemampuan berbicara, pemahaman membaca dan kemampuan menulis.

Seluruh kompetensi tersebut dipelajari dalam enam tingkatan level (pemula: A1 & A2; menengah: B1 & B2; Mahir: C1 & C2). Output dari pembelajaran Bahasa Prancis tersebut adalah sebuah sertifikat DELF/DALF resmi internasional Republik Prancis yang berlaku seumur hidup. DELF/DALF sendiri adalah ujian internasional Bahasa Prancis yang dilakukan tiga kali selama setahun di bulan tertentu. Mahasiswa bahasa dan sastra Prancis khususnya di FIB UB harus lulus dengan syarat minimal DELF level B1.

Silaturahmi antar FIB UB dan IFI sudah dimulai sejak awal Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB berdiri. Salah satu bentuk sinergi Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB dengan IFI Surabaya adalah dalam pelaksanaan ujian DELF/DALF. Ujian tersebut juga biasa diselenggarakan di Kota Malang, yaitu di SMAN 1 Malang. Bentuk sinergi yang lain adalah relasi profesi. Beberapa alumni Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB lulus dan bekerja di IFI Surabaya. Baik di bidang pedagogi maupun administrasi. IFI juga menyediakan ruang khusus untuk beberapa mahasiswa magang dari UB.

Tidak berhenti disitu saja, IFI dan Campus France tidak jarang membantu berupa goodie bag disetiap acara yang diadakan oleh mahasiswa Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB, misalnya acara "Bon Courage!!" Semoga hubungan baik ini akan terus terjalin. Merci beaucoup! Terimakasih banyak! (Shara/DT/MSH/PSIK FIB/Humas UB)

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID