Prasetya Online

>

Berita UB

Kuliah Tamu PT Medco E&P Indonesia

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 15 Maret 2005 | Komentar : 0 | Dilihat : 3206

Kusnio Malibari
Kusnio Malibari
Bekerja sama dengan kalangan perguruan tinggi, PT Medco E&P Indonesia mengembangkan sejenis bakteri yang dapat membersihkan tumpahan minyak. Proses degradasi minyak oleh bakteri ini sangat cepat, sehingga tanah menjadi subur tanpa efek kontaminasi B3 (bahan berbahaya beracun). Demikian antara lain kuliah tamu Kusnio Malibari, Kepala Hubungan Masyarakat PT Medco E&P Indonesia, yang disampaikan di depan para mahasiswa penerima beasiswa PT Medco dan mahasiswa tingkat akhir Fakultas Teknik Univer-sitas Brawijaya, di ruang sidang lantai VIII gedung Rektorat Unibraw, Selasa pagi, 15/3.
Menurut Kusnio, PT Medco Indonesia sangat menaruh perhatian pada pengelolaan lingkungan. Beberapa program pengelolaan lingkungan sudah dilaksanakan PT Medco Indonesia, seperti pembuatan fasilitas pembibitan tanaman, revegetasi daerah terbuka rata-rata seluas 100x100 meter persegi setiap sumur minyak, bioremediasi lahan terkontaminasi dengan bakteri, peningkatan fasilitas pengolahan limbah cair, dan injeksi air pada sumur-sumur minyak yang sudah berkurang produksinya.
Dijelaskan bahwa saat ini jumlah karyawan PT Medco Indonesia 1200 orang, dan setiap tahun merekrut sebanyak 120 orang insinyur dari berbagai universitas dalam 3 batch. Produksinya 50 ribu barel minyak per hari, dan 140 juta kaki kubik gas. Wilayah kerja PT Medco Indonesia meliputi seluruh wilayah tanah air, mulai dari Sumatra Utara, Jambi, Riau, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Papua.
Pada saat ini PT Medco E&P Indonesia, yang semula bernama PT Exspan Nusantara, telah memberikan beasiswa kepada 9 orang mahasiswa Universitas Brawijaya. Dan tahun ini bertambah lagi dengan 2 orang mahasiswa. [Far]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID