Prasetya Online

>

Berita UB

Kuliah Tamu Mahasiswa Baru FPUB 2012 oleh CT Agro

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetyaFP pada 20 September 2012 | Komentar : 0 | Dilihat : 3020

Kuliah Tamu FP UB
Kuliah Tamu FP UB
Lebih dari 1100 mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FP UB) angkatan 2012 menghadiri Kuliah Umum sebagai rangkaian pembukaan semester ganjil di Samanta Krida UB pada hari Kamis (13/9). Tiga materi utama yang diberikan kepada mahasiswa baru terdiri dari Etika Mahasiswa, Entreprenerial Education  dan Prospek Masa Depan di Bidang Pertanian.

Taat, disiplin, sabar dan ikhlas merupakan fondasi dasar dari etika mahasiswa yang kali ini disampaikan oleh Dr. Ir. Budi Prasetya, MS. Dr. Budi menyampaikan bagaimana baiknya mahasiswa berperilaku di dalam maupun diluar kampus karena status baru yang dimiliki mahasiswa. Status yang tinggi menuntut pula perilaku serta tingkah laku yang tinggi pula, begitu pula dengan tanggung jawab yang mengiringinya.

"Tempatkan diri dengan sesuai saat berhadapan dengan individu yang berbeda, contoh saat berbicara dengan sesama mahasiswa dan dengan dosen atau pegawai pasti membutuhkan penyesuaian, karena tidak sama" ungkapnya.

Ir. Liliek Setyobudi, MS, PhD menyampaikan materi Entreprenerial Education. Menurutnya kewirausahaan dan entrepreneurship itu berbeda, kewirausahaan itu sama dengan berdagang tetapi sebagai lulusan perguruan tinggi tuntutannya jauh lebih dari sekedar berdagang.

"Tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini adalah rendahnya semangat atau motivasi, kreatifitas, inovasi dan entrepreneurship,” paparnya.

Sebagai perbandingan banyaknya entrepreneur dari total populasi, Amerika memiliki 11,6 persen kemudian Singapura berjumlah 7,2 persen sedangkan Indonesia hanya memiliki 0,24 persen entrepreneur dari total populasi.

 “Hidup ini adalah pilihan, sukses atau gagal anda sendiri yang memilihnya,” pungkasnya.

Materi terakhir adalah prospek kerja masa depan dibidang pertanian dan kiat-kiat strategi dini penyiapan peningkatan kompetensi diri melalui belajar di perguruan tinggi agar link and match dengan kebutuhan kerja yang disampaikan oleh Nike Farida Poespitarini dari PT CT Agro yang merupakan anak perusahaan CT Corp yang bergerang di bidang perkebunan sawit. [wawing/rian]

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID