Prasetya Online

>

Berita UB

Konferensi Video Persiapan OSN PERTAMINA 2012

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh humas3 pada 04 September 2012 | Komentar : 0 | Dilihat : 5811

Video KOnferensi OSN PERTAMINA 2012
Video KOnferensi OSN PERTAMINA 2012
Universitas Brawijaya (UB) sebagai tuan rumah pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) PERTAMINA  2012 Wilayah Jawa Timur Bagian Selatan pada Selasa (4/9) mengikuti agenda Konferensi Video bersama Dirjen Dikti beserta 30 Perguruan Tinggi seluruh Indonesia lainnya dalam rangka  mempersiapkan  OSN PERTAMINA  2012 yang akan dimulai dengan ujian tertulis secara serentak pada tanggal 25 September 2012 mendatang.  Konferensi Video yang dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai tiga gedung rektorat ini dihadiri jajaran dekanat Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Kemahasiswaan UB.Prof. Dr. Djoko Santoso MSc., dari Dirjen Dikti menyampaikan dalam sambutannya untuk OSN tahun ini mengambil tema yang berbeda dari tahun sebelumnya.

“Kalau tahun lalu temanya lebih menekankan pada keilmuan, tahun  ini lebih kepada permasalahan terkini yaitu masalah energi terbarukan,” paparnya

Prof. Djoko juga menyampaikan sebagai akademisi yang bekerja dibidang  sains  itu harus mempunyai dua nilai dasar yaitu ketekunan dan kesabaran.

“Sebuah inovasi tidak bisa ditemukan secara tiba-tiba perlu adanya sebuah riset dan riset adalah sebuah proses panjang  perlu ketekunan dan kesabaran  dalam menjalaninya,” ungkapnya.

Prof. Djoko berharap dengan adanya kegiatan OSN ini mahasiswa bisa menemukan berbagai penemuan yang  bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya juga berharap peserta yang ikut di tahun ini bisa lebih banyak lagi dibandingkan tahun lalu, apabila tahun lalu pesertanya sebanyak 16.700, tahun ini semoga bisa meningkat sebanyak 20%,” pungkasnya.

Selain tema yang berbeda, tahun ini juga ada tambahan kategori Science Project dimana peserta lebih bersaing dalam menghasilkan produk berbasis energi terbarukan.

Persiapan UB Bersaing di OSN-PERTAMINA 2012

Ditemui secara terpisah, Darjito, SSi.,MSi selaku Koordinator Bidang Kimia menyampaikan, UB tahun ini menjadi tuan rumah ketiga kalinya pada OSN PERTAMINA ini  untuk 90 perguruan tinggi Jawa Timur bagian selatan.UB menargetkan 500 peserta yang mendaftar pada mengikuti OSN tahun ini.

“Pendaftaran dilakukan secara online, sampai saat ini baru seratus peserta yang mendaftar,” paparnya.

Darjito memaparkan kategori untuk OSN tahun ini selain fokus kepada teori, tahun ini peserta juga bisa mengikuti  OSN yang berfokus kepada praktek yaitu dalam kategori  Science Project.

“Science Project dilakukan secara berkelompok dengan mengusung tema energi terbarukan, harapannya mahasiswa bisa menghasilkan suatu produk berbasis energi terbarukan,” ungkapnya.

Menurut Darjito UB sudah melakukan berbagai persiapan untuk bersaing di OSN tahun ini mulai dari pembinaan kepada mahasiswa yang memiliki IP diatas 3,5 dan pemberian motivasi agar semangat dalam mengikuti ajang ini.

“OSN pertama UB berhasil mendapatkan emas, targetnya UB kembali mendapatkan emas lagi tahun ini,” tuturnya.

UB juga memberikan penghargaan bagi mahasiswa yang berprestasi pada OSN dengan mebebaskan SPP selama kuliah untuk juara nasional dan spp per semester untuk juara di tingkat regional. Pendaftaran masih dibuka sampai tanggal 15 September 2012.

“Salah satu syarat mengikuti OSN ini adalah sudah semester tiga dan belum menjadi juara Olimpiade MIPA yang diselenggarakan Dikti,” pungkasnya.

Informasi pendaftaran lebih lanjut bisa dikases melalui laman  http://www.osnpertamina.com/. [rian]

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID