Prasetya Online

>

Berita UB

Kompetisi PKM Maba 2012

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh humas3 pada 01 Maret 2012 | Komentar : 0 | Dilihat : 5440

Salah satu kelompok sedang presentasi dihadapan dewan juri dan peserta lainnya
Salah satu kelompok sedang presentasi dihadapan dewan juri dan peserta lainnya
Sebanyak 325 kelompok Program Kreatifitas Mahasiswa  (PKM) Mahsiswa Baru Universitas Brawijaya (UB) pada Sabtu (25/2) mempresentasikan prosposal masing-masing di hadapan dewan juri dalam Kompetisi  PKM Maba 2012  yang dipusatkan di tiga  fakultas yaitu  Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Teknlogi Pertanian (FTP) dan Fakultas Kedokteran (FK).
Staf Ahli Pembantu Rektor III Prof. Abdul Hakim saat ditemui PRASETYA Online menyampaikan dari total sebanyak 483 proposal masuk, yang lolos untuk dipresentasikan pada acara Final ini adalah sebanyak 325 proposal.  "Tahun ini fakultas pengusul proposal terbanyak adalah Fakultas Teknik (FT) dengan mengusulkan 74 proposal," paparnya.
Jenis PKM yang dilombakan  tahun ini lebih bervariasi  dari tahun sebelumnya dimana selain PKM Gagasan Tertulis (GT) ada juga  PKM Pengambdian Masyarakat (PKM-M), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Penelitian (PKM-P).
"Namun PKM Teknologi (PKM-T) dan PKM Karsa Cipta (PKMKC) tidak bisa dikompetisikan dikarenakan peminatnya kurang," ungkapnya.
Dewan juri yang terlibat dalam kegiatan ini merupakan para dosen perwakilan masing-masing fakultas yang dipilih oleh Pembanti Dekan III.
"Format penilaian dewan juri berdasarkan seleksi proposal yang dilakukan di masing-masing fakultas yang memiliki  presentase 55% dan Presentasi 45%," paparnya.
Lebih lanjut Prof. Hakim menjelaskan  dalam setiap kelas ditentukan lima pemenang yang akan  mendapatkan hadiah mulai dari juara 1 Rp 1.500.000, Juara 2 Rp 1000.000. Juara 3 Rp 750.000, Juara 4 Rp 600.000 dan Juara 5 Rp 500.000.
"Para pemenang akan dikalkulasikan berdasarkan fakultas dan apabila salah satu fakultas paling banyak juaranya maka berhak menjadi juara umum," paparnya.
Tindak Lanjut  PKM Maba
Prof.  Hakim menyampaikan PKM GT yang menjadi juara nantinya  akan dikirimkan untuk seleksi PKM GT tingkat nasional pada bukan Maret.  
"Dalam satu kelompok PKM GT harus ada salah satu anggotanya yang berasal dari Mahasiswa Lama (Mala), sehingga kelompok  yang saat ini terbentuk bisa memasukan Mala," jelasnya.
Sedangkan untuk proposal  PKMK, PKMM dan PKMP bisa diajukan untuk mengikuti seleksi PKM ditingkat nasional yang biasanya dibuka pada bulan Oktober.
"Semoga dengan adanya kegiatan lomba PKM ini bisa  memperkenalkan kepada mahasiswa baru bagaimana suasana perlombaan PKM seperti di PIMNAS," pungkasnya. [arr]

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID