Prasetya Online

>

Berita UB

Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa Membangun Dusun Wisata

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaFT pada 03 November 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 125

pdm arsi 2
pdm arsi 2
Universitas Brawijaya dipercaya untuk mengelola UB Forest demi meningkatkan produktivitas dan penghasilan masyarakat setempat. UB Forest sebagai hutan pendidikan yang terletak di lereng Gunung Arjuna, memiliki potensi-potensi untuk dijadikan sebagai kawasan wisata, disamping fungsi utamanya yaitu penelitian.  Terdapat dua dusun di dalamnya; Dusun Sumbersari dan Dusun Sumberwangi. Keduanya sedang dalam upaya pengembangan menjadi dusun wisata. Masing-masing dusun memiliki potensi yang berbeda.

Dusun Sumberwangi berlokasi di Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Dusun Sumberwangi memiliki kekayaan hasil alam seperti perkebunan kopi dan sayur. Saat ini, produksi kopi di Dusun Sumberwangi sedang digencarkan sehingga dapat  memiliki brand kopinya sendiri. Produk kopi Dusun Sumberwangi sudah mulai dipasarkan. Dusun Sumberwangi memiliki kebudayaan batik kopi, keindahan alam, dan iklim yang sejuk. Daya tarik ini menjadikan Dusun Sumberwangi cocok untuk dijadikan sebagai Dusun Wisata. Warganya pun turut mendukung gagasan ini dan memiliki semangat untuk menjadikan dusunnya lebih berkembang lagi.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh dosen Universitas Brawijaya bergelar Doktor dari jurusan Arsitektur, jurusan Keteknikan Pertanian, dan jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota. Kegiatan ini juga melibatkan asisten mahasiswa yang bertugas membantu para dosen dalam melaksanakan pengembangan dusun ekowisata. Para dosen yang terlibat, yaitu; Dr.Eng. Novi Sunu Sri Giriwati, ST, M.Sc (Jurusan Arsitektur), La Choviya Hawa, STP, MP, Ph.D (Jurusan Keteknikan Pertanian), Ar Rohman Taufiq Hidayat, ST, M.AgrSc (Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota), Ir. Sigmawan Tri Pamungkas, MT dan Wasiska Iyati, ST, MT (Jurusan Arsitektur), serta sejumlah mahasiswa Jurusan Arsitektur; Made Mardika, Fitra Bachtiar, Afidz Aditya Utama, Ratna Ariandra, dan Aurelia Karen.

pdm arsi 3
pdm arsi 3
Dusun Ekowisata diharapkan menjadi wisata berbasis masyarakat yang berkelanjutan. Pengembangannya memperhatikan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan. Target awal kegiatan adalah pemetaan awal Dusun Sumberwangi dan pembentukan kelompok masyarakat sebagai pelaku ekowisata.

Pada tahun 1993 dan 2002, terjadi bencana angin puting beliung yang menyebabkan rumah warga hancur total. Hal ini menyebabkan warga membangun kembali rumah-rumahnya dengan material dan kemampuan seadanya. Dusun Sumberwangi berpotensi terkena angin kencang, karena letaknya di lereng Gunung Arjuna. Konfigurasi permukiman saat ini adalah linear mengikuti jalan di tengahnya dengan pola yang belum teratur.

pdm arsi
pdm arsi
Permukiman Sumberwangi ditata dengan konfigurasi ruang linear dan pola spasial grid. Penataan berpola spasial grid diharapkan dapat menghindari kerusakan yang terjadi akibat angin kencang. Tata massa akan dibuat linier teratur dengan penataan vegetasi pengarah, peneduh, dan pemecah tekanan angin. Selain itu, ditambahkan juga furnitur jalan yang dapat mendukung desa wisata yaitu lampu jalan, tempat sampah, signage, dan lain-lain. Kriteria desain untuk kawasan destinasi ekowisata yaitu; daya tarik yang berbasis alam, adanya edukasi terhadap wisatawan mengenai pelestarian lingkungan, adanya perlibatan dan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunannya, adanya manfaat sosial ekonomi bagi masyarakat, dan memberikan kepuasan bagi masyarakat.

Dengan kriteria-kriteria tersebut, maka pendekatan penataan permukiman dan desain bangunannya merujuk pada kriteria tersebut.

pdm arsi 4
pdm arsi 4
Rumah-rumah warga akan di rekonstruksi menjadi homestayy bagi pengunjung UB Forest, baik dengan tujuan wisata maupun edukasi. Homestay memiliki konsep arsitektur tradisional jawa dengan mengekspos material strukturnya. Homestay menggunakan atap joglo, dilengkapi dengan soko guru. Kriteria desain tentunya memperhatikan kondisi angin kencang yang berpotensi bencana puting beliung. Maka desain yang dikerjakan oleh tim program doktor mengabdi ini menggunakan atap dengan rangka dan sambungan yang terikat kuat. Serta lantai, dinding, dan kusen yang terikat kuat satu sama lain.

pdm arsi 5
pdm arsi 5
Asisten mahasiswa memiliki peran dalam kegiatan ini. Asisten mahasiswa bertugas membantu pelaksanaan kegiatan. Beberapa kegiatan sudah dilakukan, diawali dengan sosialisasi kepada masyarakat Dusun Sumberwangi. Dalam kegiatan sosialisasi mahasiswa membantu mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan presentasi, menampung pendapat-pendapat warga dan dokumentasi.  Selain itu, dalam mengkonsep dusun wisata, diperlukan data-data rumah dusun sumberwangi, asisten mahasiswa membantu mendata, mengukur dan menganalisis fisik rumah sampel di Dusun Sumberwangi. Asisten mahasiswa memberikan gagasan desain homestay berdasarkan hasil analisis yang sudah dilakukan serta memperjelas batas-batas setiap rumahnya. Asisten mahasiswa dan dosen berdiskusi mengenai konsep dan desain fisik dusun wisata. (K/mic)

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID