Prasetya Online

>

Berita UB

Kepala Grup Riset FILKOM Kunjungi Laboratorium CAVR NTU Singapura

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh dinaoktavia pada 16 April 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 605

Herman Tolle Bersama Mr. Amran Mohamed, Ph.D. Manager of Lab. CAVR NTU
Herman Tolle Bersama Mr. Amran Mohamed, Ph.D. Manager of Lab. CAVR NTU
Kepala Grup Riset Media, Game, and Mobile Technologies (MGM), Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) Dr. Eng. Herman Tolle, S.T., M.T. mendapatkan undangan dan kesempatan untuk menghadiri serta mengunjungi Laboratorium Centre for Augmented and Virtual Reality (CAVR) di School of Computer and Engineering, Nanyang Technological University(NTU), Jurong, Singapore pada Selasa (9/4/2019).

CAVR NTU merupakan salah satu pusat penelitian dan pengembangan khusus bidang Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Mixed Reality(MR).

Dr. Eng. Herman Tolle dalam kunjungan ini hadir bersama salah satu mahasiswa S2 anggota grup riset MGM Aulia Akhrian Syahidi yang juga memiliki ranah penelitian tentang Augmented Reality yang telah terpublikasi.

Dalam kunjungan tersebut mereka secara resmi disambut oleh Mr. Amran Mohamed, Ph.D. selaku Manager of CAVR NTU sekaligus Direktur Penelitian dan Pengembangan EON Reality.

Kegiatan kunjungan ini diisi dengan diskusi, pengenalan tata kelola CAVR NTU, pengenalan teknologi terkini CAVR NTU, peluang kolaborasi riset, serta kerjasama antar universitas.  

Adapun fasilitas yang dimiliki oleh CAVR NTU meliputi Artificial I (Glassless 3D Stereoscopic TV), Concave, HMD Set (HTC Vive), Idome Mobile, Ibench, Ibench Mobile, Icube, Icube Mobile, Interactive Mirror, AR Glass (ODG), MR Glass (Microsoft Hololens), dan Creator AVR (Tablet/Mobile).

Selain itu terdapat pula berbagai macam studio untuk mengembangkan aplikasi AVR, dimana CAVR NTU bekerjasama secara langsung dengan EON Reality. Sehingga percepatan dalam pengembangan CAVR sangat bagus. EON Reality adalah perusahaan ternama bidang Virtual and Augmented Reality yang berkantor pusat di California.

"Dari kunjungan ini selain bisa melihat langsung teknologi AVR, juga sebagai inisiasi kerjasama baik dengan NTU Singapore dan juga EON Reality. Harapannya kedepan akan bisa dilakukan kolaborasi atau kerjasama lebih lanjut untuk mengembangkan teknologi AVR di Indonesia, khususnya untuk pengembangan laboratorium MGM yang dimiliki oleh FILKOM UB," jelas Herman.

CAVR NTU memiliki beberapa program dalam rangka untuk mengembangkan dan mendorong generasi berkompeten di bidang AVR. CAVR memberikan pelatihan dalam penelitian dan pengembangan AVR dan memfasilitasi mata kuliah Game Design untuk School of Computer and Engineering di NTU.

Tidak hanya itu CAVR juga melibatkan mahasiswa magang untuk bekerja dengan para peneliti dan insinyur dari industri dan NTU pada proyek-proyek R&D AVR. Dengan demikian mahasiswa lebih memahami teori tentang AVR melalui pengalaman implementasi langsung dalam proyek riil.

"Jadi CAVR ini berada di bawah NTU langsung. Salah satunya fungsinya adalah untuk mendukung proses pembelajaran di fakultas-fakultas yang ada di NTU denganmempersiapkan teknologi AVR yang dibutuhkan di masing-masing fakultas," jelas Herman.

Perkembangan teknologi AR, VR, dan MR sangatlah cepat serta terus mengalami peningkatan dalam pengaplikasiannya. Bukan hanya untuk bidang hiburan semata, kini AVR juga banyak dimanfaatkan di bidang pendidikan, kesehatan dan militer. Mengingat luasnya kesempatan berkarir di bidang AVR, harapannya FILKOM dapat terus mengembangkan fasilitas, teknologi serta teknik pembelajaran yang lebih baik demi terciptanya lulusan yang berkompeten di bidang AVR. [akhrian/dna]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID