Prasetya Online

>

Berita UB

Kementerian Pertanian Beri Penghargaan kepada Pemulia dalam PVT Goes to Campus

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh vicky.nurw pada 12 Desember 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 719

Rektor Menerima Penghargaan dari Dr. Ir. Muhammad Syakir,
Rektor Menerima Penghargaan dari Dr. Ir. Muhammad Syakir,
Kementerian Pertanian bersama Universitas Brawijaya (UB), menyelenggarakan acara Perlindungan Varietas Tanaman Goes to Campus. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (06/11/2017) dalam rangka refleksi 17 tahun pemberlakuan Undang - Undang Nomor 29 Tahun 2000 tentang Perlindungan Varietas Tanaman (PVT) di Samanta Krida, Universitas Brawijaya.

Pada kesempatan tersebut Kementerian Pertanian memberikan apresiasi kepada pemulia dan para pihak yang telah berperan dalam pelestarian plasma nutfah dan varietas lokal Indonesia. Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. Ir. Muhammad Syakir, mengatakan, Kementerian Pertanian sangat mengapresiasi kerjasama yang dilakukan antara Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP) dan UB, dalam memasyarakatkan upaya perlindungan varietas tanaman. Termasuk pemberian penghargaan kepada para pihak yang telah berjasa dalam kegiatan pelestarian plasma nutfah dan varietas lokal serta kegiatan pemuliaan.

"Adanya penghargaan kepada petani pemulia merupakan terobosan yang sangat baik, sebagai upaya memberikan kesempatan yang sama kepada semua anak bangsa dalam mendarmabaktikan karyanya bagi kemajuan pertanian lndonesia," katanya saat sambutan di Gedung Samantha Krida UB.

Dia menambahkan, pemberian apresiasi kepada dunia usaha merupakan bentuk penghargaan pemerintah terhadap peran dunia usaha dalam pembangunan pertanian. Hal ini menjadi penting mengingat perakitan varietas unggul di indonesia saat ini sudah semakin banyak yang dilakukan oleh dunia usaha.

"Ke depan diharapkan kerjasama yang semakin kuat antara lembaga penelitian pemerintah dan dunia usaha, dalam merakit dan menghasilkan varietas unggul yang dibutuhkan pasar," imbuhnya.

Senada dengan Dr. Ir. Muhammad Syakir, Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS juga turut mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada penerima penghargaan dari Kementerian Pertanian. Ia berharap dengan pemberian apresiasi dapat membuat generasi muda dan para peneliti lebih bisa mengembangkan dan mengelola sumberdaya genetik tanaman lebih baik.

"Semoga hal ini akan memacu generasi muda untuk berkiprah di dalam mengelola sumberdaya genetik tanaman menjadi lebih bermanfaat dan akan menjadi penyemangat bagi para peneliti yang berkecimpung di bidang pemuliaan dan pengelolaan sumberdaya genetik untuk menghasilkan varietas - varietas unggul baru," ujar Rektor.

Dalam acara tersebut juga diadakan talkshow Menata Pengembangan Plasma Nutfah dan Varietas Lokal Indonesia, dengan pemateri Wakil Dekan Fakultas Pertanian UB, Prof. Dr. Kuswanto, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof. Dr. Enny Sudarmonowati dan Miranda Risang Ayu, SH., LLM., Ph.D selaku dosen Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran. [dinda/vicky/Humas UB]

 

 

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID