Prasetya Online

>

Berita UB

Kaesang Ajak Mahasiswa Berwirausaha dan Berinovasi

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh vicky.nurw pada 22 Mei 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 221

Kaesang Pangarep dalam Talkshow Dare To Be Entrepreneur
Kaesang Pangarep dalam Talkshow Dare To Be Entrepreneur
Membentuk mahasiswa yang memiliki jiwa wirausaha merupakan salah satu misi Universitas Brawijaya sebagai wordclass entrepreneur university.  Untuk menindak lanjuti misi tersebut, Jum'at (18/05/2018) bertempat di Studio UBTV telah digelar talkshow kewirausahaan yang bertema "Dare To Be Entrepreneur". Kegiatan ini menghadirkan Kaesang Pangarep yang merupakan putra bungsu Presiden RI Joko Widodo sekaligus pemilik kedai Sang Pisang.

Turut hadir Rektor Universitas Brawijaya Prof. Dr. Ir. Muhammad Bisri, M.S. Dalam sambutannya Bisri menyampaikan apresiasinya yang tinggi dengan kedatangan Kaesang untuk bicara tentang wirausaha. "Hal ini sejalan dengan visi misi UB yaitu menjadi entrepreneur university"tuturnya.

Ia juga mengatakan lulusan UB nantinya akan masuk ke 4 pilihan dunia. "Lulusan S1 meneruskan S2 sebanyak 10 persen, kedua menjadi PNS, 30 - 40 persen bekerja ikut orang, sisanya wirausaha dan mandiri bekerja", imbuhnya. Selain itu, Bisri juga menceritakan pengalamannya pernah menjadi wirausaha muda sebagai pengembang properti yang kini sudah diwariskan ke anaknya.

Bersama Managin Director Sang Pisang, Ansari Kadir, Kaesang pun berbagi pengalamannya mencoba berbagai bisnis yang telah ia lakukan diantaranya berjualan kaos, membuat aplikasi permainan hingga menjadi supir taksi pernah dijajalnya. Namun, bisnis tersebut dirasa tidak berjalan dengan baik dikarenakan kurangnya planning dalam menjalankannya.

Dengan pelajaran yang telah ia dapatkan tersebut, Kaesang pun kembali mencoba bisnis baru dengan  planning yang lebih matang, dan ia pun merasakan kesusksesan bisnisnya yaitu channel vlog pribadinya, usaha kuliner yang diberi nama Madhang.id, dan juga usaha olahan pisang yang diberi nama Sang Pisang. Saat ini, gerai Sang Pisang telah memiliki puluhan cabang yang tersebar  di seluruh Indonesia salah satunya cabang ke-21 bertempat di Malang dan telah berhasil menyerap 4.000 tenaga kerja.

Ia pun menyampaikan bahwa dalam menjalankan suatu usaha tidak ada jaminan berhasil 100%, pasti akan merasakan kegagalan terlebih dahulu sebelum mencapai kesuksesan. Dan dalam bisnis yang tidak kalah penting yaitu pemanfaatan media sosial dan menjalin kolaborasi bersama partner bisnis seperti yang telah ia jalankan dalam menjalankan usahanya, ia berkolaborasi dengan transportasi online dan sponsor lainnya.

Diakhir talkshow tersebut Kaesang memberikan tips kepada mahasiswa agar menjadi enterpreneur  " Buatlah usaha yang perencanaanya mudah sehingga mudah untuk dilaksnakan dan teruslah berinovasi membuat produk yang beda dari yang lain" pungkasnya. [vida/vicky]

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID