Prasetya Online

>

Berita UB

KKM XLI: Warga Turut Andil dalam Kegiatan Proyek

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaFT pada 15 Januari 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 776

Peserta KKM XLI Di Desa Ketindan Kabupaten Lawang
Peserta KKM XLI Di Desa Ketindan Kabupaten Lawang
Sesuai jadwal, di hari kedua Kemah Kerja Mahasiswa (KKM) ke-41 di Desa Ketindan, Kec. Lawang, Kab. Malang, mahasiswa baru (Maba) diarahkan menuju lahan dimana mereka akan melanjutkan proyek dan pengabdian masyarakat, Selasa (15/1/2019).

Seperti biasa, setelah rutinitas pagi, Maba terlebih dahulu dikumpulkan untuk diskusi persiapan proyek yang dilanjutkan dengan hiking menuju lahan proyek. Di hari kedua ini Maba putra mengerjakan rabat jalan, pemasangan PJU, rehabilitasi drainase, serta persiapan railing jembatan.

Maba putri dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama membuat kerajinan tangan di tenda, melakukan sosialisasi Pengemasan dan Pemasaran Produk Jaman Now, dan mengajar di TK dan SD setempat. Untuk Maba putra, panitia menargetkan sepuluh titik PJU, rabat jalan sepanjang 25 m, railing jembatan, dan 150 meter rehabilitasi drainase.

Dosen pembimbing secara bergantian mengunjungi lokasi KKM, bahkan beberapa ada yang menginap di perumahan warga untuk memantau kegiatan.

"Alhamdulillah keadaan lancar dan terkendali. Kami mengawasi kegiatan mahasiswa hingga malam hari secara bergantian, panitia dari fakultas pun bergantian datang ke lokasi dan mengawasi jalannya kegiatan. Pimpinan fakultas hari ini juga mengunjungi lahan untuk memantau progres," ungkap Staff Ahli WD 3, Redi Bintarto saat ditemui di lokasi.

RPeserta KKM XLI Putri
Peserta KKM XLI Putri
edi yang turut menginap sejak hari pertama menegaskan bahwa kegiatan berlangsung lancar terkendali dan tanpa kekerasan. Mahasiswa baru juga tampak bersemangat mengerjakan tugas masing-masing sambil berinteraksi dengan warga. Dosen dan panitia yang bertandang ke lokasi dan meninjau secara langsung pengabdian masyarakat Teknik juga mengamati interaksi antara warga dan mahasiswa.

“Alhamdulillah, dari pengamatan kami warga sangat antusias dan kooperatif, baik saat sosialisasi maupun di sekitar lahan proyek. Tadi ada ibu-ibu yang membawakan seteko teh dan gorengan ke lokasi proyek. Dan di proyek juga ada warga yang turut membantu menyelesaikan tugas di lapangan," ungkap Elsa salah satu panitia dari pihak mahasiswa.

Pengabdian yang sudah 41 tahun menjadi tradisi FT ini sendiri akan berlangsung di Desa Ketindan, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, selama empat (14/1-17/1/2019) mulai jam 04.00 – 22.00. Melalui kegiatan ini diharapkan peserta dapat menjaga kondisi fisik dan kesehatan serta etika dan nama baik almamater selama mengabdi di masyarakat Ketindan, Lawang. (mic/Humas UB)

Pengerjaan Proyek
Pengerjaan Proyek
kkm5
kkm5
kkm3
kkm3
kkm
kkm

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID