Prasetya Online

>

Berita UB

Jurusan Keperawatan FK UB Akan Selenggarakan The First International Conference in Nursing

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh humas3 pada 27 Januari 2015 | Komentar : 0 | Dilihat : 6042

Jurusan Keperawatan FK UB Akan Selenggarakan The First International Conference in Nursing
Jurusan Keperawatan FK UB Akan Selenggarakan The First International Conference in Nursing
Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (JK-FKUB) akan menyelenggarakan event ilmiah internasional bertajuk "The first international conference on nursing (ICON) 2015: strengthening the linkages of emergency, community and public health, and nursing management" di Harris Hotel, selama dua hari (28/2-1/3).

Kegiatan ini merupakan event ilmiah bertaraf internasional pertama yang diselenggarakan oleh Jurusan Keperawatan-FKUB.

Kegiatan  tersebut akan dihadiri oleh sembilan orang pembicara dari beberapa negara seperti Indonesia, Amerika Serikat, Australia, dan Thailand. Sembilan negara tersebut akan membagi ilmunya dengan komunitas ilmiah keperawatan internasional.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh tim yang tergabung dalam Brawijaya University Nursing Science Development (BRAINSEED) committee yang secara tahunan rutin menyelenggarakan konferensi berskala internasional.

Event yang akan di gelar memfokuskan kajiannya  pada tiga area keilmuan keperawatan yaitu keperawatan gawat darurat (emergency), kesehatan komunitas dan masyarakat, serta manajemen keperawatan.

Keperawatan emergency perlu dikembangkan terutama sesuai dengan kondisi geografis dan kependudukan di Indonesia.

Sementara itu, fokus dari konferensi ilmiah ini adalah bidang pelayanan prehospital care (perawatan gawat darurat di luar rumah sakit).

Dalam konferensi ini pemaparan mengenai bidang kegawat daruratan akan disampaikan oleh dua orang pakar dari Australia yakni Assoc. Prof Virginia Plummer, MSc, PhD dan Dr. Malcolm Boyle, M.Clin.Epid, PhD.

Sementara itu materi mengenai kegawat daruratan dalam kaitannya dengan komunitas dan kesehatan masyarakat akan disampaikan oleh Dr. Utami Roesli, Sp.A, IBCLC, FABM, MBA (Indonesia), dan Abigail Beeson, MPH (Amerika serikat).

Sedangkan kajian dalam ruang lingkup keilmuan manajemen keperawatan akan disampaikan oleh pemateri-pemateri dari Indonesia yakni Prof. DR. Nursalam, M.Nurs, DR.  Ahsan S.Kp, M.Kes, Rini Rachmawatiy, S. Kep., Ns., MN., PhD, dan perawat senior dari Thailand yakni Quantar Balthip, PhD, RN, serta dosen senior dari Amerika Serikat yakni Assoc. Prof Chandran Achutan, PhD.

Tidak hanya menyajikan materi dari para pakar berkaliber internasional, konferensi ilmiah juga akan menyajikan presentasi ilmiah serta memamerkan poster-poster ilmiah dari para akademisi maupun klinisi keperawatan dari berbagai negara.

Bagi para praktisi keperawatan di Indonesia, event ini akan menjadi kesempatan emas untuk menimba ilmu serta mengupdate keilmuan keperawatan.

Konferensi ini juga menjadi kesempatan baik untuk berbagi hasil penelitian maupun karya ilmiah sekaligus memperoleh pengakuan nasional maupun internasional.

Sebagai bentuk apresiasi penyelenggara terhadap karya karya ilmiah peserta, event ini akan menerbitkn proceeding dengan nomor ISBN nasional. Lebih jauh lagi, presentasi ilmiah terbaik akan difasilitasi untuk dapat terbit di jurnal internasional.

Informasi lengkap mengenai konferensi ini dapat dilihat di  website www.brainseedicon.com.

 

 

 

 

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID