Prasetya Online

>

Berita UB

Jalan Tikus, Cara Mudah Belajar Matematika

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh oky_dian pada 22 Mei 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 230

Tim Jalan Tikus
Tim Jalan Tikus
Tingginya tuntutan pemerintah untuk merealisasikan salah satu program pemerintah yaitu SDG's (Sustainable Development Goals) terutama dalam bidang pendidikan membuat Mahasiswa Fakultas MIPA ( FMIPA UB) Jurusan Matematika menciptakan sebuah permainan edukasi berbasis Matematika untuk membantu anak dalam mengasah logikanya. Selama ini, Pendidikan merupakan kunci utama dalam kemajuan sebuah bangsa. Pendidikan yang baik dan terarah membuat output yang dihasilkan mempunyai kualitas yang baik.

Salah satu masalah yang terjadi dalam dunia pendidikan terutama pada anak-anak sekolah adalah kesulitan memahami pelajaran terutama yang memerlukan penalaran seperti geometri pada matematika. Oleh karena itu, kelompok mahasiswa yang beranggotakan Aisah Feriera AD (Matematika/2015), Dinda Noer N.U (Matematika/2015), Winda Ariyanti ( Matematika/2015), Zidna Nayla H (Matematika/2015), dan Defit Fitri Y (Statistika/2017) menciptakan sebuah produk permainan edukatif yang dapat menjadi solusi permasalahan bidang pendidikan. Produk tersebut diberi nama "JALAN TIKUS".

Gebrakan inovasi ini, kemudian dituangkan dalam kompetisi hibah Dikti yang dikenal dengan Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) yang berjudul "JALAN TIKUS: Permainan Edukatif Berbasis Teknik Loci Dalam Upaya Mewujudkan Indonesia Cerdas Matematika 2030".  Inovasi ini berhasil lolos pada seleksi tahap pertama dan akan diseleksi lebih lanjut untuk dapat mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2018.

Inovasi yang ditawarkan yaitu berupa produk permainan yang menyerupai permainan monopoli. Permainan JALAN TIKUS dirancang dengan mengedepankan nilai edukasi bagi anak. Permainan ini didesain unik, dikemas dengan praktis dan kekinian. Dalam permainan JALAN TIKUS terdapat sebuah teknik loci yang merupakan sebuah strategi belajar kognitif yang menghubungan apa yang sudah diketahui dengan konsep/gagasan terbaru. Adanya teknik ini dapat membantu anak lebih cepat memahami rumus-rumus geometri di matematika.

Aisah Feriera selaku ketua tim menyampaikan bahwa produk permainan JALAN TIKUS merupakan produk permainan edukasi pertama kali dirancang dengan kolaborasi dengan penggunaan teknik loci didalamnya. Harapannya dengan adanya produk permainan ini, dapat menjadi sebuah keajaiban dalam membantu anak mengembangkan logikanya seperti yang tertera pada motto produk ini yaitu "We loci it, Like the Magic Of Math" dan membantu pemerintah mensukseskan program SDG's (Sustainable Development Goals) tahun 2030. [Aisah/Humas UB]

 

 

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID