Prasetya Online

>

Berita UB

Jalan Sehat dan Bazar Produk Ramah Lingkungan UPPM FK UB

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh humas1 pada 05 Januari 2010 | Komentar : 0 | Dilihat : 8398

Jalan Sehat dan Bazar Produk Ramah Lingkungan UPPM FK UB
Jalan Sehat dan Bazar Produk Ramah Lingkungan UPPM FK UB
Unit Pengembangan Pengabdian kepada Masyarakat (UPPM) Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB), Minggu (10/01) akan menyelenggarakan Jalan Sehat dan Bazar Produk Ramah Lingkungan. Kegiatan yang dipusatkan di Balai RW 06 Kelurahan Tanjung Rejo Kecamatan Sukun ini merupakan bagian akhir dari rangkaian program pengabdian masyarakat mengenai pengelolaan sampah dan penanaman sayur di kawasan tersebut.
Acara jalan sehat akan diselenggarakan mulai pukul 06.00 - 07.30 WIB yang dilanjutkan dengan bazar aneka produk ramah lingkungan. Berbagai produk tersebut diantaranya kompos, komposter, produk dan benih pertanian organik, kreasi daur ulang serta aneka jajanan sehat. Peserta bazar adalah warga dari kelurahan yang mendapatkan pendampingan dari UPPM yang meliputi Kelurahan Bunul Rejo dan RW 06 Kelurahan Sukun. Selain itu, turut serta juga pengusaha lokal pertanian organik, perguruan tinggi di Malang, anak jalanan Muharto serta warga Perum Bukit Cemara Tidar.
Dalam kesempatan tersebut, akan diselenggarakan juga pelatihan pembuatan kompos dan kreasi daur ulang. Pelatihan ini dapat diikuti secara gratis dengan mendaftar terlebih dahulu saat acara berlangsung. Seorang kader lingkungan dari Surabaya menurut rencana akan dihadirkan sebagai trainer dalam acara ini. Selain itu akan diadakan juga lomba yel-yel yang akan diikuti oleh perwakilan Rukun Tetangga (RT) dan sekolah di wilayah setempat.
Pendidikan Lingkungan
Program Pembuatan Kompos dari Sampah Rumah Tangga dan Penanaman Sayuran di Pot Sebagai Solusi Tempat Pembuangan Sampah Liar (TPSL) ini dikoordinir oleh salah seorang dosen FK UB, Dr. Rer. Nat. Tri Yudani Mardining R, S.Si, M.Sc, sejak April 2009 hingga saat ini. Program ini memiliki beberapa tujuan yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang lingkungan hidup sehat dan bahaya pembuangan sampah liar, memberdayakan masyarakat terutama ibu rumah tangga untuk turut serta mengurangi masalah sampah dengan mengelola sampah keluarga, memberdayakan masyarakat dalam pengelolaan sampah organik dan anorganik, memberdayakan masyarakat menciptakan kasawan hijau di sekeliling rumah dengan menanam sayur serta mengurangi secara bertahap aktivitas pembuangan sampah ke TPSL.
Sasaran dari program ini adalah ibu-ibu PKK, tokoh masyarakat, karang taruna dan petugas kebersihan. Selama ini, berbagai kegiatan yang telah dilakukan adalah penyuluhan, pelatihan penggunaan dan pembuatan komposter, studi banding ke Wonokromo Surabaya, pemberian bibit sayur-sayuran, serta pelatihan menanam sayur dari praktisi pertanian. Hingga saat ini telah terbentuk beberapa kelompok pengelola sampah organik. Kegiatan jalan sehat dan bazaar produk ramah lingkungan merupakan salah satu apresiasi terhadap partisipasi warga selama ini. [lik/nok]

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID